Sukses

Seluk Beluk ISS, Perusahaan yang Terbelit Kasus Pelecehan JIS

Prestasi ISS kini tercoreng dengan adanya kasus pelecehan seksual pada siswa Jakarta International School (JIS) yang melibatkan pegawainya

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu ditanyakan lagi, jasa petugas kebersihan hingga saat ini masih menjadi salah satu kebutuhan utama sejumlah perusahaan di kota-kota besar. Berkaca pada kebutuhan tersebut, hingga saat ini PT. ISS Indonesia, bagian dari ISS A/S, masih tercatat sebagai perusahaan Integrated Facility Service terbaik dan terbesar di Indonesia.

Tapi tunggu, prestasi tersebut kini tercoreng dengan adanya kasus pelecehan seksual pada siswa Jakarta International School (JIS) yang melibatkan beberapa oknum ISS. Dua petugas kebersihan yang mengabdi pada ISS akhirnya dibekuk dan harus menjalani pemeriksaan khusus.

Ironis, tindakan kriminal yang diduga dilakukan pegawai ISS itu sangat bertentangan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan `peace of mind` pada seluruh kliennya.

Setelah beberapa kali dihubungi Liputan6.com, pihak ISS di Jakarta hingga saat ini masih terkesan tertutup untuk menanggapi kasus tersebut. Meski memang, diakui salah satu operator ISS, sudah ada pihak perusahaan yang menangani kasus tersebut.

Sementara berbicara mengenai kiprah ISS, perusahaan tersebut berdiri dan hingga kini masih berbasis di Soborg, Denmark pada 1991. Awalnya, perusahaan tersebut memulai bisnisnya dengan nama ISS Holdings A/S. Namun sejak Februari 2011, perusahaan tersebut berganti nama menjadi ISS/AS.

Berikut seluk beluk perusahaan jasa layanan perkantoran ISS/AS seperti dikutip dari Business Investing Week, Kamis (17/4/2014):


ISS terkenal sebagai penyedia jasa kebersihan di perkantoran

 

ISS A/S merupakan perusahaan penyedia jasa kebersihan, dukungan, properti, makanan, keamanan dan jasa manajemen fasilitas global. Perusahaan jasa petugas kebersihan ini juga telah beroperasi di berbagai kawasan dunia termasuk Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Latin.

Perusahaan ISS menyediakan fasilitas kebersihan kantor harian, kebersihan wilayah industri, sistem transportasi, rumah sakit hingga pabrik. Tak hanya fokus pada sektor kebersihan industri dan properti, ISS juga sukses merambah bisnis catering (pemesanan makanan untuk kantor).

Jasa penyediaan makanan ISS biasanya melayani pemesanan di kantin rumah sakit, restoran di perkantoran, perusahaan dan sebagainya.


ISS juga menyediakan jasa pencarian satpam dan resepsionis

 

ISS terkenal sebagai bisnis menyediakan jasa komplit pelayanan pada perusahaan. Tak hanya menyediakan jasa petugas kebersihan dan catering, ISS juga menyediakan karyawan yang siap direkrut sebagai resepsionis dan petugas keamanan.

Perekrutan resepsionis, kurir surat, pengelola logistik kantor, hingga operator call center menjadi salah satu bisnis ISS di dunia. Selain itu, perusahaan asal Denmark ini juga menawarkan jasa petugas keamanan termasuk fasilitas dan pemasangan alarm serta sistem dan kontrol akses masuk.

Bahkan ISS juga memberikan kesempatan bagi pihak manajemen perusahaan yang hendak menggunakan jasa komunikasinya. Sejauh ini, ISS telah melayani perusahaan-perusahaan milik negara dan swasta termasuk di Indonesia.

 

Kiprah ISS di Indonesia

 

Dikutip dari situs resmi PT. ISS Indonesia, saat ini lembaga penyedia jasa layanan perkantoran tersebut telah beroperasi di sepuluh kota besar di Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Batam, Pekanbaru, Balikpapan dan Makasar.

Jasa ISS Indonesia juga tersebar di lebih dari 140 kota di Tanah Air. Hingga saat ini, ISS Indonesia telah memiliki lebih dari 54 ribu operator dan 2.500 team leader.

Selain itu, ISS juga ditopang 300 manajer dan 900 supervisor. Bahkan perusahaan yang sudah berdiri lebih dari satu abad ini mengantongi lebih dari 3.000 kontrak B2B.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini