Sukses

Adik Baru Hayabusa Hadir Dengan Mesin Lebih Kecil

Dalam menyambut comebacknya ke ajang motoGP musim depan, Suzuki menghadirkan Hayabusa yang kini mengusung mesin 1000 cc

Liputan6.com, Shizuoka - Suzuki GSX R 1300 atau yang dikenal sebagai Hayabusa merupakan salah satu motor sport tercepat di dunia selain Kawasaki ZX 14R dan MV Agusta F4. Motor ini memiliki desain yang maskulin dan berotot hasil karya desainer Koji Yoshiura.

Koji Himura menggarap konsep motor sport yang berbeda pada Hayabusa. Motor ini menawarkan posisi berkendara yang lebih santai dan nyaman, meskipun hadir sebagai sebuah motor sport.

Dalam menyambut comebacknya ke ajang motoGP musim depan, Suzuki memiliki rencana untuk menghadirkan GSX R 1000 pada 2015 mendatang. GSXR 1000 akan menjadi penerus dari Hayabusa dan hampir siap untuk naik produksi, seperti dilansir dari Visordown, Jumat (18/4/2014).

Bila diluncurkan bertepatan dengan comeback Suzuki di motoGP maka kemungkinan pengembangan mesin dari Hayabusa memiliki platform yang tak jauh beda dengan yang digunakan pada MotoGP. Sebab, gelaran MotoGP di kelas utama juga menggunakan motor dengan kapasitas mesin 1000 cc.

Sesuai dengan nama aslinya, Hayabusa hadir mengusung mesin yang memiliki kapasitas lebih kecil yaitu 1000 cc. Konsep desain dari Hayabusa generasi anyar memiliki wheelbase yang panjang sehingga tangguh di trek lurus namun tetap mempertahankan posisi berkendara yang santai dan nyaman.

Hayabusa yang ada saat ini memiliki desain yang kekar dan besar, namun bila dibandingkan dengan model sepeda motor terbaru maka tampilan dari Hayabusa mulai ketinggalan jaman. Sebab, pengendara motor modern kini menginginkan sebuah sepeda motor yang tak hanya cepat namun memiliki desain tidak gambot dan membulat.

Sebagai informasi, desain versi terakhir dari Hayabusa diluncurkan pada 2007 silam dengan menggunakan mesin dari platform garapan tahun 1999. Penyegaran terakhir yang dilakukan Suzuki pada model tersebut terjadi pada 2013 lalu yang hanya menambahkan komponen kaliper rem dari Brembo disertai sistem ABS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini