Sukses

BPJS Yakin IHSG Bisa Capai 5.300 di Akhir 2014

BPJS Ketenagakerjaan memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai level 5.300 pada akhir tahun 2014.

Liputan6.com, Bandung - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai level 5300 pada akhir tahun 2014.

Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Jefry Haryadi mengungkapkan target tersebut sesuai dengan kajian ekonomi yang dilakukan tim analis dari BPJS yang sudah dilakukan pada awal tahun lalu.

Namun, Jefry mensyaratkan level tersebut dapat dicapai dengan cacatan hasil pemilu legislatif dan pemilu presiden nantinya akan berjalan dengan lancar.

"Artinya kalau pemilu aman, smooth, baik, tidak ada gejolak, kita yakin akan mencapai 5.000 sampai 5.300, kalau mengabaikan aspek pemilu ya paling di 4.900 sampai 5.000," ungkapnya di Hotel Jayakarta, Bandung seperti ditulis Jumat (18/4/2014).

Selama ini, BPJS Ketenagakerjaan sebagian besar masih menjalankan skema penjaminan Jaminan Keselamatan Kerja, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Kematian sesuai dengan skema semasa BPJS Ketenagakerjaan masih bernama PT Jamsostek (Persero).

Dalam setiap iuran yang diperolehnya dengan berbagai program jaminan yang diselenggarakannya setidaknya ada sebagian dana yang dialokasikan untuk investasi di sektor saham, obligasi dan surat berharga lainnya.

Untuk itu, analisa mengenai pergerakan harga saham menjadi satu hal yang sangat penting untuk kelangsungan program-program BPJS.

"Saat ini realisasi investasi di kuartal pertama 2014 sebesar Rp 4,5 triliun, dengan IHSG ke level itu nanti akan membantu target investasi kita di akhir tahun sekitar Rp 15,8 triliun," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • IHSG