Sukses

Kacang dan Kopi Jadi Makanan Favorit Saat Piala Dunia

Produsen makanan dan minuman mulai bersiap memanfaatkan event pagelaran Piala Dunia di Brasil baru akan berlangsung pada Juni-Juli 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun pagelaran Piala Dunia di Brasil baru akan berlangsung pada Juni-Juli 2014, namun produsen makanan dan minuman mulai bersiap untuk memanfaatkan event tersebut guna menggenjot penjualan produk serta melakukan promosi.

Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Franky Sibarani mengatakan industri makanan dan minuman dalam negeri akan sudah mulai bersiap untuk menyambut pagelaran tersebut dengan memperhitungkan penambahan jumlah produksi serta promosi.

"Produsen akan memanfaatkan event itu untuk mempromosikan produk sesuai dengan eventnya, misalnya minuman pasti akan menjadi sponsor untuk stasiun tv yang menayangkan pertandingan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta seperti ditulis Jumat (18/4/2014).

Dia menjelaskan, kenaikan konsumsi yang signifikan biasanya terjadi pada sejumlah produk yang dianggap cocok untuk dikonsumsi saat menonton pertandingan sepakbola.

"Kalau Piala Dunia pasti ada (kenaikan konsumsi), tetapi konsumsi yang meningkat lebih kepada produk-produk tertentu seperti kacang dan kopi, itu yang umumnya mengalami kenaikan," lanjut dia.

Namun mengenai besaran kenaikan tersebut, Franky mengaku belum bisa memastikan karena hal ini berkaitan dengan waktu penayangan dari pertanding yang disiarkan di Indonesia.

Dia mencontohkan jika penayangan pertandingan berlangsung pada pagi atau siang hari, maka peningkatan konsumsi dinilai tidak akan maksimal karena terbentur pada jam kerja perusahaan.

Sedangkan peningkatan konsumsi baru bisa maksimal jika pertandingan berlangsung pada malam atau dini hari.

"Kenaikannya belum bisa diperkirakan karena tergantung pada jadwal siaran pertanding-pertanding didalamnya, apakah dini hari, siang atau malam. Kalau penayangannya di atas jam 6 sore itu relatif banyak yang menonton, dibanding siang, akan banyak pengaruhnya di sana. kalau misalnya siang mungkin akan lebih banyak di-drive oleh kafe dan jumlah yang menonton pertandingan juga terbatas karena jam kerja," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini