Sukses

Tiket Kereta Kurang Diminati Saat Libur Paskah Ini

Libur panjang rupanya tidak membuat penumpang kereta api (KA) jarak jauh mengalami kenaikan yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang rupanya tidak membuat penumpang kereta api (KA) jarak jauh mengalami kenaikan yang signifikan.

Saat libur tiga hari ini, jumlah penumpang dari Jakarta menuju kota-kota lain di wilayah Jawa masih terhitung sama dengan jumlah penumpang KA saat akhir pekan.

Kepala Humas Daerah Operasional I PT KAI Agus Komarudin mengatakan jumlah penumpang saat libur panjang ini bisa dikatakan mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan hari kerja.

"Sebenarnya normal saja seperti weekend biasa, karena kita sesuaikan dengan kapasitas angkut. Kalau pun ada lonjakan paling hanya sekitar 5%-10%, itu pun dibandingkan dengan hari kerja. Jadi kalau biasanya kereta hanya terisi 90%, saat weekend seperti ini menjadi 100%," ujarnya di Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Meski demikian, untuk mengantisipasi lonjakan, PT KAI tetap melakukan penambahan gerbong pada KA yang banyak digunakan calon penumpang saat akhir pekan seperti pada KA Argo Sindoro, KA Argo Bima, KA Bangunkarta dan KA Taksaka Malam, masing-masing sebanyak satu gerbong sehingga secara total ada penambahan kapasitas angkut sebanyak 200 tempat duduk.

"Paling ada beberapa gerbong tambahan untuk beberapa KA, seperti untuk hari ini ada beberapa KA kearah Jawa Timur dan Jawa Tengah.  Itu disesuaikan dengan kebutuhan, kalau besok sudah normal ya gerbong tambahan ini tidak dioperasikan. Ini sebagai upaya kita untuk mengoptimalisasi rangkaian," lanjutnya.

Agus juga menjelaskan, kapasitas normal tempat duduk pada KA secara keseluruhan mencapai 26 ribu per hari yang terdiri dari kelas eksekutif, kelas bisnis dan kelas ekonomi. Sedangkan keberangkatan dari Jakarta untuk KA jarak jauh dilayani di 4 stasiun seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanjung Priok dan Stasiun Jakarta Kota.

Sementara itu, untuk antrian pembelian tiket pada 4 stasiun tersebut, Agus menyatakan tidak terlalu ramai karena calon penumpang telah banyak memanfaatkan layanan pemesanan tiket secara online atau melalui minimarket terdekat.

"Karena pemesanan tiket sekarang sudah bisa dimulai 90 hari sebelum keberangkatan dan pemesanannya bisa dilakukan secara online dan di minimarket, sehingga  mau liburan seperti ini mereka sudah memesan sejak jauh hari.

Sedangkan kota tujuan para penumpang KA masih didominasi menuju wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Tujuan paling banyak ke Jogja, terutama untuk KA ekonomi itu banyak ke Jawa Tengah dan Jogja. Ramai berangkatnya pada Kamis (17/4/2014) malam dan hari ini," tandas Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini