Sukses

Pelindo II Tunjuk Mitsui Operasikan Container Terminal 1 NewPriok

Pelindo II tunjuk Mitsui operasikan Container Terminal 1 NewPriok karena dipercaya memberikan nilai tambah bagi dunia pelabuhan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Corporation (IPC) melakukan penandatanganan Shareholder Agreement (SHA) untuk proyek perusahaan Container Terminal 1 (CT1) NewPriok, Pelabuhan Tanjung Priok. IPC menunjuk perusahaan Jepang, Mitsui & Co, Ltd (Mitsui) sebagai mitra operator melalui mekasnisme proses pemilihan langsung untuk mengoperasikan CT1 NewPriok.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengatakan, penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari Memorandum of Agreement (MoA) antara IPC dan Mitsui yang telah disepakati pada 25 Februari 2014 di Tokyo, Jepang. Mitsui sebagai preferred bidder akan menjadi mitra kerja untuk pembangunan, pendanaan, dan pengoperasian CT1 NewPriok.

"Kami menunjuk Mitsui karena percaya dapat memberikan nilai tambah bagi dunia kepelabuhan di Indonesia serta memberikan kontribusi untuk membandun fasilitas pelabuhan yang setara dengan pelabuhan di negara maju," ujarnya di Hotel Grand Hyaat, Jakarta Pusat, Sabtu (19/4/2014).

Menurut Lino, IPC menyadari peran penting pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur penopang kegiatan ekonomi negara. Oleh karena itu, sambung Lino, pembangunan terminal NewPriok ini merupakan upaya IPC untuk melayani lalu lintas kargo di Indonesia lebih cepat dengan tarif logistik yang lebih murah.

"Kerjasama ini akan memberi keuntungan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, salah satunya adalah mendorong pertumbuhan volume ekspor, terutama dengan tujuan ke Eropa dan Amerika Serikat," katanya.

Terminal NewPriok tahap I akan terdiri dari tiga Container Terminal yang masing-masing memiliki kapasitas 1,5 juta TEUs serta dua Terminal Product. Pembangunan Tahap I ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2018 dengan tambahan kapasitas sebesar 4,5 juta TEUs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pelindo II adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

    pelindo II

Video Terkini