Sukses

Singapura Menjadi Kreditor Terbesar Indonesia

Singapura menjadi negara yang memberikan pinjaman terbanyak ke Indonesia. Mengalahkan Amerika dan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Singapura menjadi negara yang memberikan pinjaman terbanyak kepada Indonesia. Mengalahkan Amerika Serikat (AS) yang berada di posisi kedua dan Jepang di posisi ketiga.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), pada Februari 2014, jumlah pinjaman yang diberikan Singapura kepada sektor publik maupun swasta di Indonesia mencapai US$ 51,12 miliar. Sedangkan Amerika tercatat US$ 42,55 miliar. Diposisi ketiga adalah Jepang dengan nilai pinjaman mencapai US$ 34,77 miliar.

Posisi tersebut berbeda dibanding dengan setahun sebelumnya. Pada Februari 2013, Singapura menempati posisi pertama dengan nilai pinjaman US$ 44,15 miliar, disusul posisi kedua adalah Jepang dengan nilai pinjaman US$ 39,65 miliar dan posisi ketiga adalah Amerika dengan nilai pinjaman US$ 33,09 miliar.

Berdasarkan data Bank Indonesia tersebut, lebih dari 10 negara memberikan pinjaman kepada sektor publik maupun swasta di Indonesia dengan total nilai US$ 198,37 miliar.

Sektor publik dan swasta di Indonesia juga mendapat pinjaman dari organisasi internasional dengan nilai mencapai US$ 26,92 miliar. Sedangkan pinjaman dari pihak lainnya di luar negeri tercatat US$ 46,01 miliar. Jika ditotal, jumlah pinjaman dari luar negeri kepada sektor publik maupun swasta di Indonesia mencapai US$ 272,1 miliar.

Bank Indonesia memandang, meskipun cukup tinggi, pinjaman tersebut masih cukup sehat dalam menopang ketahanan sektor eksternal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.