Sukses

5 Trik Biar Tak Kewalahan Saat Bekerja

Survei Deloitte membuktikan mayoritas pegawai masih berjuang keras beradaptasi dengan situasi kerja di era modern seperti sekarang

Liputan6.com, New York - Setiap hari, banyak pegawai yang mengorbankan sebagian besar waktunya di kantor. Mayoritas waktu tersebut dihabiskan untuk memeriksa email, menghadiri berbagai rapat, hingga mengatasi berbagai gangguan kerja di kantor.

Bahkan survei terbaru bertajuk `The 2014 Deloitte Human Capital Trends Study` membuktikan sebagian besar pegawai masih berjuang keras beradaptasi dengan tuntutan kerja di era modern seperti sekarang.

Survei lain juga berhasil menemukan, karyawan seringkali kewalahan dengan tumpukan email, pesan instruksi, panggilan telepon dan berbagai gangguan lain yang muncul di kantor.

Kondisi tersebut membuat tumpukan pekerjaan semakin membebani pegawai di kantor. Para atasan juga dituntut untuk menyediakan ruang  yang dapat mendukung pegawai mengatasi seluruh beban kerjanya.

Tak hanya dari atasan, berikut lima trik yang bisa dilakukan pegawai agar tak kewalahan saat bekerja seperti dikutip dari WAtoday.com, Senin (21/4/2014):

1. Rencanakan hari Anda

Identifikasi beberapa hal penting yang harus diselesaikan setiap harinya. Meski terdengar sederhana, tapi banyak pegawai yang tidak punya rencana kerja dan hanyut dalam rencana orang lain setiap hari, minggu, bulan dan dari tahun ke tahun.

Sisihkan lima atau 10 menit per hari untuk menyusun rencana dan mengevaluasi pekerjaan Anda.

2. Ungkapkan prioritas kerja Anda pada manajer

Jangan pernah anggap atasan Anda memahami seberapa berat beban kerja Anda. Saat Anda kelelahan, sangat sulit untuk menentukan mana yang penting dan tidak.

Anda hanya perlu tetap terbuka dalam berkomunikasi dengan atasan. Biarkan dia terlibat dengan berbagai rutinitas yang Anda kerjakan sehari-hari.

3. Punya satu jam untuk diri sendiri

Setiap hari, Anda melakukan berbagai pekerjaan mulai dari menulis laporan, menganalisa hingga menuntaskan proposal. Ingat, bahkan jika Anda bekerja dengan waktu yang sangat ketat, cobalah untuk menyisihkan satu jam sehari untuk diri sendiri. Kemudian, kaji kembali berbagai hasil kerja yang telah Anda selesaikan.

4. Katakan tidak

Anda tidak direkrut untuk selalu berkata iya pada setiap permintaan atau tuntutan yan datang. Belajarlah untuk berkata tidak dan berhenti mengisi hari Anda dengan kegiatan-kegiatan tak berguna.

Berpikirlah realistis dalam bekerja bersama orang lain dan menentukan batas kemampuan diri sendiri.

5. Mulai bekerja lebih awal

Untuk menghindari beban kerja berlebih, belajarlah untuk bekerja lebih awal dalam satu atau dua hari. Tapi jangan jadikan ini sebagai suatu kebiasaan yang konstan.

Produktivitas adalah saat Anda bisa fokus dengan baik pada seluruh tugas di jam kerja Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini