Sukses

Rumah Tangga Kecil Jadi yang Terbesar Mendapat Subsidi Listrik

Setelah subsidi golongan pelanggan listrik Industri besar I-4 dicabut, maka pelanggan rumah tangga yang akan mendapat subsidi terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah subsidi golongan pelanggan listrik Industri besar I-4 berdaya 30 ribu Kilovolt amper (Kva) dicabut, pelanggan rumah tangga R-I nantinya akan menjadi golongan yang mendapat subsidi paling besar.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenaga Listrikan Direktorat Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Satya Zulfanita mengatakan, saat masih mendapat subsidi golongan I-4 paling banyak mendapat subsidi yaitu Rp 7 miliar per perusahaan.

"I-4 yang menikmati subidi terbesar, industri menikmati rata-rata subsidi Rp 7 miliar. I4 satu perusahaan Rp 7 miliar," kata  Zulfanita, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang di kutip di Jakarta, Senin (21/4/2014).

Namun setelah subisidi golongan listrik tersebut dicabut, golongan yang mendapat subsidi terbesar adalah pelanggan R-I dengan daya 450 Watt dan 900 Watt, golongan R-I mengambil 50% dari subsidi listrik tahun ini Rp 71,36 triliun .

"R-I 450 dan 900 Watt masih deminan lebih 50% subsidi pergi ke situ," tuturnya.

Urutan berikut yang mendapat subsidi listrik terbesar setelah R-I adalah golongan pelanggan I-3  industri menengah dengan jumlah  11.302 pelanggan.

"Untuk sekarang I 3 dan I lain masih memperolah subsidi 20% lebih dari subsidi yang ada," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini