Sukses

Mobil Antik Ini Memakai Tenaga Listrik

The Creative Workshop memadukan sebuah nostalgia pada mobil bergaya awal abad ke-20 dengan teknologi abad 21

Liputan6.com, New York - Mobil antik merupakan primadona di kalangan pecinta otomotif. Bentuknya yang klasik menjadi suatu kreasi seni yang semakin bernilai seiring waktu.

Banyak orang menempuh berbagai cara untuk melestarikan keberadaan mobil antik sebuah hasil peradaban teknik masa lalu. Bahkan dengan menggarap sebuah mobil listrik terbaru dengan menggunakan desain dari awal abad ke-20 seperti karya The Creative Workshop ini.

Melansir laman Nymag.com, The Creative Workshop (TCW) menggarap sebuah kendaraan delapan penumpang yang menggunakan basis desain kereta tak berkuda.

Perusahaan tersebut ingin memadukan sebuah nostalgia pada mobil bergaya awal abad ke-20 dengan teknologi abad 21 yang memiliki kenyamanan dan keamanan jauh lebih baik.

Mobil yang dinamai The Horseless eCarriage sangat mewakili gaya dan kepribadian pada periode itu. Mobil ramah lingkungan ini dibuat sebagai jawaban atas petisi yang dilayangkan NYCLASS sebelumnya.

NYCLASS dalam petisinya meminta dewan kota untuk menghapus kuda dari penjuru jalanan kota New York karena akan berbahaya bagi pengendara mobil dan kuda itu sendiri.

Organisasi pecinta hewan tersebut mengharapkan RUU yang didasarkan pada petisi mereka akan segera disetujui pada akhir tahun ini.

Pemilik TCW, Jason Wenig, merancang mesin bertenaga baterai lithium ion yang menghasilkan tenaga sebesar 84 HP dan torsi 184 lb-ft yang mampu berjalan hingga kecepatan 47 km/jam.

"Kami yakin kendaraan yang kami buat adalah penerus yang sangat menyerupai kereta tak berkuda pada era tembaga tersebut," ujar Wenig.

Mesin elektrik pada The Horseless eCarriage sanggup menempuh jarak hingga 155 km dan ditransfer menggunakan penggerak roda belakang. Wenig juga menjamin kendaraan ciptaannya tersebut juga telah memenuhi standar keselamatan NHTSA.

Pihak TCW mengatakan bila konsep mobil garapannya disetujui oleh pihak berwenang, maka pabrikan mobil tersebut akan membangun sebuah pabrik untuk memproduksi The Horseless eCarriage secara massal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.