Sukses

Mobil 'Iron Man' akan Dibuat di Tiongkok

Untuk melenggangkan rencananya itu, Musk berniat mengucurkan dana investasi senilai ratusan juta dolar AS.

Liputan6.com, Beijing - Pendiri Telsa Motors, Elons Musk memang dijuluki sebagai Iron Man-nya dunia nyata. Dengan kegeniusanya, ia pun berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Bahkan, Musk punya agenda khusus saat mengunjungi Tiongkok. Dikutip dari laman Inautonews, Rabu (23/4/2014), ia berencana memeroduksi mobil Telsa di China. Untuk melenggangkan rencananya itu, Musk berniat mengucurkan dana investasi senilai ratusan juta dolar AS.

Untuk masuk ke negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia itu, Musk menyiapkan strategi khusus. Tak hanya membangun basis produksi Telsa, ia juga berencana membangung jaringan Supercharger di sejumlah kota termasuk Beijing dan Shanghai. Fasilitas nantinya dimanfaatkan untuk mengisi daya  dari mobil listrik.

"Dalam tiga tau empat tahun ke depan, kami akan memproduksi mobil di China," ujar Musk.

"China sangat penting bagi masa depan Telsa. Kami akan menanamkan investasi dengan nilai besar di China untuk membangun infrastruktur pengisian baterai,' imbuh dia.

Adapun, dengan menjadikan China sebagai basis produksi, Telsa akan memeroleh keuntungan lebih. Di mana, perusahaan bisa menghindari tarif impor sebesar 25%.

Sayangnya, menurut Presiden dari J.D Power & Associates, Finbarr O'Neill, Telsa tidak mampu menjual produk dalam skala besar, meskipun brand tersebut sudah cukup diketahui khalayak Tiongkok.

"Banyak yang membibcarakan soal Tesla. Tapi, Anda tahu sendiri, angka mereka tidak besar. Musk sukses di berbagai sektor. Saya berharap dia mendapatkan keberuntungan, namun ada batas dari setiap pasar," jelas O'Neill.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.