Sukses

Pertamina Miliki Kapal Elpiji Terbesar di Dunia

Pertamina mengklaim kapal baru yang diberi nama Pertamina Gas 2 adalah kapal pengangkut elpiji terbesar di dunia.

Liputan6.com, Ulsan PT Pertamina (Persero) meresmikan armada kapal pengangkut elpiji ukuran besar atau Very Large Gas Carrier (VLGC). Pertamina mengklaim kapal baru yang diberi nama Pertamina Gas 2 adalah kapal pengangkut elpiji terbesar di dunia.

"Pada saat dibangun, kapal VLGC ini merupakan yang terbesar di dunia," Kata Direktur Pemasaran Niaga Pertamina Hanung Budya, dalam acara peresmian pemberian nama kapal Pertamina Gas 2, di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, Korea Selatan, Rabu (23/4/2014).

Kapal VLGC Pertamina Gas 2 merupakan kapal lanjutan (sister ship) dari VLGC Pertamina Gas 1 yang telah diserahterimakan kepada Pertamina pada tanggal 17 September 2013 lalu.

Menurut Hanung, VLGC Pertamina Gas 2 akan menjadi kapal milik Pertamina yang ke-61 dari total 191 kapal yang dioperasikan dalam menjamin keamanan pasokan energi di dalam negeri.

"Khusus untuk angkutan kapal elpiji, VLGC Pertamina Gas 2 merupakan kapal ke-8 dari total 28 kapal yang digunakan," tuturnya.

VLGC Pertamina Gas 2 direncanakan akan diserahterimakan ke Pertamina pada tanggal 14 Mei 2014 dan selanjutnya akan melalui proses reflagging (pergantian bendera Panama ke Indonesia) di Singapura sebelum memasuki perairan Indonesia.

Sedangkan, ujicoba laut (Seatrial) telah berhasil dilaksanakan dengan baik pada tanggal 13 – 17 April 2014 dan dengan proses penyelesaian yang cepat, galangan berhasil memberikan konfirmasi serah terima kapal dapat dilakukan pada tanggal 14 Mei 2014 sehingga masa konstruksi pembangunan kapal selama 14 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

Video Terkini