Sukses

BJ 40, Kembaran Jeep Wrangler dari China

Liputan6.com, Beijing - Gelaran Beijing Auto Show banyak memamerkan berbagai mobil unik dan menarik. Tak hanya menampilkan mobil konsep dari produsen otomotif dunia, tetapi juga memamerkan mobil garapan produsen lokal.

Melansir laman Autoevolution, yang ditulis Kamis (24/4/2014), beberapa desain mobil lokal dari China banyak memiliki kemiripan desain dengan model bikinan pabrikan otomotif terkemuka. Setelah sebelumnya muncul mobil yang memiliki kesamaan desain dengan Mercedes Benz G Wagen. Kali ini muncul mobil yang memiliki kesamaaan desain dengan Jeep Wrangler.

BJ40, sebuah SUV yang memiliki kesamaan dengan Jeep Wrangler. SUV garapan produsen lokal China  tersebut memiliki banyak kesamaaan baik eksterior maupun interior dengan SUV asal negeri Paman Sam tersebut.

Sebenarnya tidak mudah meniru desain dari Wrangler ini. BJ40 pada 2010 telah memperkenalkan sebuah konsep pada gelaran Shanghai Auto Show yang mengacu pada desain wrangler yang dipamerkan pada gelaran yang sama setahun sebelumnya.

Menurut ulasan dari surat kabar lokal Cina, BJ40 memiliki kemampuan yang cukup baik untuk offroad. Sayangnya, BJ40 hanya mengusung mesin berkapasitas 2,4 liter sementara itu Wrangler yang asli mengusung mesin 3,8 liter yang sanggup menghasilkan tenaga 202HP.

Yang menjadi semakin ironis ialah BJ40 dibanderol dengan harga hanya sepertiga dari Wrangler yang telah diluncurkan pada lima tahun yang lalu. Selain itu SUV jiplakan tersebut juga mencatut nama "BJ" yang merupakan salah satu model jip legendaris Toyota pada era 50-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini