Sukses

Warga Indonesia Makin Keranjingan Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia terlihat menunjukkan minat yang semakin besar dalam menjelajahi sektor pariwisata global. Terbukti, jumlah turis Indonesia yang mengaku ingin berlibur ke luar negeri meningkat cukup signifikan dalam waktu setahun terakhir.

Seperti dikutip dari keterangan resmi TripAdvisor, Rabu (23/4/2014), jumlah wisatawan Indonesia yang berencara berlibur ke luar negeri meningkat dari 55% pada 2013 menjadi 65% tahun ini. Sementara 92% dari seluruh partisipan asal Indonesia mengaku akan menikmati sejumlah tempat wisata di dalam negeri.

Secara keseluruhan, proporsi wisatawan yang berencana melakukan lebih banyak rekreasi tercatat meningkat di hampir semua negara di dunia. Tahun ini, sebanyak 90% turis global memastikan akan melakukan wisata domestik.

Jumlah tersebut meningkat tipis dari 87% tahun lalu. Tak hanya itu, jumlah turis global yang menjadwalkan wisata ke luar negeri juga meningkat sebanyak 12% dari 65% tahun lalu.

Sejauh ini, rata-rata wisatawan Indonesia berencana meningkatkan anggaran wisata sebesar 18% dari US$ 2.650 pada 2013 menjadi US$ 3.121 tahun ini. Meskipun angka tersebut masih berada di bawah rata-rata global, tetapi ketertarikan turis Indonesia pada wisata dunia terus menunjukkan peningkatan.

Untuk diketahui, penelitian bertajuk TripBarometer yang diprakarsai TripAdvisor digelar secara online dalam kurun waktu sebulan antara Februari hingga Maret 2014. Survei tersebut dilaksanakan perusahaan perusahaan penelitian global, Ipsos.

Sebanyak 61.007 partisipan di 32 negara dari 7 kawasan terbesar di dunia terlibat dalam penelitian tersebut. Sejumlah temuan yang berhasil dihimpun akhirnya menjadi pengetahuan profil pariwisata dunia yang disebarkan secara online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini