Sukses

Pasokan AS Melonjak Tekan Harga Minyak Dunia

Liputan6.com, New York - Harga minyak turun pada Rabu (Kamis pagi) seiring laporan pemerintah menunjukkan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) meningkat.

Mengutip Xinhua, harga minyak jenis light sweet turun 31 sen menjadi US$ 101,44 di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni turun 16 sen menjadi US$ 109,11 per barel.

Persediaan minyak mentah AS naik 3,5 juta barel menjadi 397,7 juta barel pada Jumat 11 April 2014. Angka itu merupakan level tertinggi dalam 83 tahun. Hal itu berdasarkan laporan Energy Information Administration (EIA).

Analis percaya, hasil itu merupakan kebangkitan produksi minyak AS. Persediaan minyak mentah AS semakin dekat dengan 400 juta barel. Hal itu memberikan sentimen negatif untuk harga minyak mentah.

Kekhawatiran atas Ukraina yang mengakibatkan ketegangan barat dan Rusia pun mempengaruhi sentimen pelaku pasar. Ketegangan itu dapat menganggu ekspor minyak Rusia.

Rusia telah berjanji untuk membela warga negaranya di negara tetangga Ukraina setelah pemerintah Ukraina kembali beroperasi untuk menggulingkan militan pro Moskow dari kota-kota Timur.

Di sisi ekonomi AS, penjualan rumah keluarga tunggal baru di Amerika Serikat merosot 14,5% ke level terendah dalam delapan bulan pada Maret 2104. Angka ini di bawah harapan pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini