Sukses

Rupiah Terus melanjutkan Pelemahan

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terus melemah sepanjang minggu ini.

Kemarin, nilai tukar rupiah ditutup di level Rp 11.630 per dollar AS. Mengalami penurunan hampir 1% jika dibanding dengan hari sebelumnya yang tercatat Rp 11.521 per dollar AS.

Jika dihitung dari awal April, pelemahan rupiah terhadap dollar AS sudah mencapai 2,3%.

Irene Cheung, Pengamat Pasar Uang dari Australia and New Zeland Banking Group Ltd menjelaskan penurunan ini salah satunya disebabkan karena belum adanya kejelasan dari partai politik mengenai calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal mereka usung.

"Sebelum ada kepastian itu kami melihat bahwa rupiah masih akan terus mengalami pelemahan," tuturnya seperti ditulis oleh Bloomberg, Kamis (24/4/2014).

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pada hari ini nilai tukar rupiah masih akan melanjutkan pelemahannya seperti mata uang Asia lainnya.

"Namun, buruknya data AS yang diumumkan tadi malam bisa mencegah pelemahan lebih dalam," tutur Rangga Cipta, Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia. Kemarin data penjualan rumah baru AS terperosok dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini