Sukses

Penjualan Brio Satya Loyo Karena Mobilio Efek

PT Honda Prospect Motor menargetkan penjualan Brio Satya menembus 25.000 unit pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sempat membukukan angka penjualan tinggi untuk produk yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) dalam dua bulan awal tahun ini, namun penjualan Brio Satya harus terpukul jatuh pada laporan Maret.

Diakui Marketing & Aftersales Services Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, turunnya penjualan dari model LCGC terimbas dari tingginya permintaan terhadap Honda Mobilio.

"Kami banyak menerima pesanan untuk Mobilio, jadi difokuskan dulu ke sana," katanya seusai peluncuran All-new Honda City di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Memang, data dari Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) penjualan Brio Satya secara wholesale mencapai 2.297 unit pada Januari kemudian turun menjadi 2.061 unit pada Fabruari. Namun, sebulan setelahnya penjualan kembali terpukul menjadi 425 unit saja.

Meskipun penjualan Brio Satya mengalami penuruan, hal sebaliknya justru terjadi pada model Multi Purpose Vehicle (MPV). Tercatat,  Sepanjang Maret, Honda Mobilio berkontribusi sebesar 37% terhadap penjualan mobil Honda.

Jika menilik data penjualan Januari hingga Maret, penjualan mobil itu cenderung naik. Sebagai catatan, pada Januari Honda menjual sebanyak 1.508 Mobilio, naik menjadi 6.241 pada Februari dan menembus 10.529 pada Maret.

Dari empat versi yang dijual di Indonesia, Mobilio tipe E 1,5 CVT menjadi model yang paling banyak dijual dengan 5.897 unit, diikuti tipe E 1,5 CVT Prestige (2.203), E 1,5 MT (2.042 unit)  dan S 1,5 MT (450 unit).

Sementara itu, Jonfis yakin bahwa hasil laporan negatif pada penjualan Brio Setya akan berangsur membaik. Ia menargetkan, akhir tahun ini mampu membukukan angka penjualan LCGC sebanyak 25.000 unit. "Penjualannya sudah mulai bagus dan akan tumbuh ke depan," pungkas dia.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.