Sukses

Hope Diamond, Berlian Penuh Misteri Seharga Rp 4 Triliun

Liputan6.com, Washington - Pesona Hope Diamond, salah satu berlian termahal di dunia, mampu memukau siapapun yang melihatnya. Hope Diamond yang memiliki sinar biru tua itu memiliki bobot 45,52 karat dan kini terpajang di Smithsonian Museum, Natural History, Washington.

Uniknya, meski bersinar biru jika dilihat dengan mata telanjang, berlian tersebut dapat berubah warna menjadi merah di bawah sinar matahari pagi. Tak heran, berlian unik dan langka ini memiliki harga yang sangat tinggi senilai US$ 350 juta atau Rp 4 triliun.

Sejarah perjalanan batu permata bernama Hope Diamond ini dimulai saat Jean Baptiste Tavernier, seorang wisatawan asal Prancis membeli berlian sebesar 112 karat. Berlian tersebut berbentuk segitiga dengan potongan yang kasar.

Saat itu, warnanya digambarkan secantik sinar violet. Sejarah berlian ini juga dikaitkan dengan Wittelsbach-Graff Diamond yang rumornya sama-sama berasal dari Kerajaan Golla Canda di India.

Berlian cantik ini lantas terus berpetualang dari satu pemilik ke pemilik lainnya hingga menjadi salah satu koleksi museum di Washington, Amerika Serikat (AS).

Berikut ulasan mengenai Hope Diamond, berlian yang mengundang kekaguman seluruh pengunjung museum di AS tersebut seperti dikutip dari Encyclopedia, Mineral Science, dan The Most Expensive Diamond, Kamis (24/4/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koleksi Musem Paling Banyak Dikunjungi

Hope Diamond, objek Museum yang paling sering dikunjungi di dunia

Setiap harinya, puluhan ribu pengunjung datang ke Harry Winston Gallery di Smithsonian Museum untuk menikmati kecantikan Hope Diamond.

Tak hanya kecantikannya, tapi keajaiban dan misteri di dalam berlian bermata biru itu yang menjadikannya sebagai objek museum yang paling sering dikunjungi di dunia.

Alhasil, Hope Diamond menjadi salah satu objek wajib untuk dilihat di Smithsonian Museum. Hope Diamond dikenal hampir di seluruh dunia karena menjadi contoh kesempurnaan dan nilai jual.

Meskipun bukan, tapi banyak orang yang menganggap Hope Diamond sebagai berlian dengan ukuran terbesar di dunia. Batu permata itu bahkan hanya sebesar buah kenari dengan bobot 45,52 karat. Tapi banyak orang yang mengaku, itu merupakan berlian terbesar yang pernah dilihatnya.

3 dari 4 halaman

Harganya Fantastis

Salah satu berlian paling berharga, nilainya Rp 4 triliun

Berlian berwarna biru tua memang sangat langka dan berharga. Tak heran, Hope Diamond yang berukuran jauh lebih besar dibandingkan berlian biru lainnya membuat nilai jualnya meningkat. Satu berlian berwarna biru tua itu diprediksi memiliki nilai jual sangat tinggi mencapai US$ 350 juta atau Rp 4 triliun.

Tak heran, lebih dari 100 juta orang sengaja datang meilihatnya sejak Harry Winston memberikannya pada Smithsonian Institution pada 1958. Jumlah peminatnya yang sangat tinggi kian menambah ketenaran berlian tersebut.

Sebagian pengunjung bahkan bersemangat untuk mempelajari cara pemotongan Hope Diamond sehingga kilauan cahaya dari kristalnya sangat memikat. Sejauh ini, berlian memang dikenal sebagai benda yang mampu melintasi waktu dan zaman.

Berlian menjadi saksi bisu perubahan bumi selama ratusan juta tahun. Benda penuh kilauan itu dipotong, dijual dan digunakan para pengagumnya.

4 dari 4 halaman

Penuh Misteri

Berlian Penuh Misteri

Meskipun memiliki kisah panjang di hadapan masyarakat. Tapi berlian tersebut masih mengundang banyak pertanyaan. Apakah Hope Diamond dicuri selama Perang Revolusi Prancis pada 1792?.

Apakah ada Hope Diamond memiliki induk batu permata yang jauh lebih besar darinya?. Mengapa warnanya bisa berubah menjadi merah di bawah sinar ultraviolet?.

Penelitian terakhir dari berbagai lembaga mencoba untuk mengungkap berbagai misteri yang mengelilingi Hope Diamond. Studi model dengan menggunakan teknologi komputer tiga dimensi menjelajahi sejarah pemotongan Hope Diamond dan beberapa berlian lain yang memiliki jenis serta ciri serupa yang kemungkinan berasal dari induk yang sama.

Projek kedua menggunakan sejumlah metode spektroskopik untuk menyelidiki perubahan warna yang terjadi pada Hope Diamond.

Berlian tersebut dibandingkan dengan lebih dari 70 berlian biru lainnya. Meski demikian, rahasia-rahasia yang bersembunyi di balik Hope Diamond masih belum sepenuhnya terungkap.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.