Sukses

2 Perusahaan Asing Bangun Smelter, Freeport & Newmont Tak Jelas

BKPM mengungkapkan dua perusahaan tambang asing telah memulai pembangunan pabrik pemurnian minerba (smelter) di kuartal I ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan dua perusahaan tambang asing telah memulai pembangunan pabrik pemurnian minerba (smelter) di kuartal I ini.

Investasi tersebut menyumbang terhadap pencapaian Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 72 triliun pada periode Januari-Maret 2014.

Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengungkapkan, ada dua perusahaan tambang asing yang berinvestasi membangun industri hilirisasi pertambangan pada kuartal I 2014. Hal ini dilakukan seiring dengan aturan pemerintah dalam Undang-undang (UU) Minerba.

Namun Azhar masih enggan membeberkan identitas perusahaan tambang tersebut lantaran masih dalam tahap investasi berkelanjutan.

"Yang tercatat telah merealisasikannya pembangunan smelter dan berada di Kalimantan Barat yakni mengolah bauksit dan Maluku Utara yang mengolah nikel menjadi feronikel. Keduanya adalah perusahaan besar," tutur dia usai Paparan Realisasi Investasi Kuartal I di kantornya Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Masing-masing perusahaan, kata Azhar, sudah menanamkan modal untuk membangun fasilitas permunian tersebut cukup besar. Investasi smelter di Kalimantan Barat tercatat senilai US$ 450 juta dan Rp 3,6 triliun untuk smelter di wilayah Maluku Utara.

Ketika dikonfirmasi mengenai komitmen pembangunan smelter oleh PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara, dia masih bungkam. "Freeport sama Newmont belum (investasi). Nggak tahu alasannya," ucapnya singkat.

Sektor pertambangan, lanjut Azhar, berada diurutan pertama realisasi investasi berdasarkan bidang usaha. Penanaman Modal Asing (PMA) dibidang usaha ini tercatat senilai US$ 1,64 miliar dengan total 258 proyek pada periode tiga bulan pertama ini.

"Usaha jasa pertambangan memang mulai banyak di Indonesia. Misalnya investasi dari Australia Coal yang semakin meningkatkan modalnya di Indonesia sejak 2000 sampai sekarang," terang Azhar.

Selain itu, dari data BKPM, realisasi investasi berdasarkan negara berasal dari sejumlah negara. Paling besar penanaman modal dari Singapura senilai US$ 1,28 miliar dengan 467 proyek, Jepang US$ 951,9 juta dengan 265 proyek dan Mauritius sebesar US$ 396,1 juta dari 9 proyek.

"Mauritius bukan baru kali ini saja berkontribusi ke investasi kita. Sudah sejak lama dan mayoritas investasinya di sektor pertambangan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini