Sukses

Imitasi Nyata Kalung Berlian Titanic Dibanderol Rp 231,7 miliar

Heart of the Ocean Diamond juga menjadi perhiasan paling mahal yang pernah dipakai di ajang Academy Awards pada 1998.

Liputan6.com, London Para penikmat film Titanic tentu sudah mengenal kalung cantik yang digunakan sebagai salah properti dalam drama tragis tenggelamnya salah satu mahakarya dunia tersebut. Dalam film tersebut, kalung hati bertahtakan berlian biru itu dimiliki wanita keturunan konglomerat bernama Rose (diperankan Kate Winslett).

Kalung indah tersebut kemudian menjadi inspirasi pembuat perhiasan Harry Winston. Dia membuat imitasi nyata dari kalung cantik milik Rose tersebut yang kemudian menjadi salah satu perhiasan mahal paling terkenal di dunia.

Kalung berbentuk hati dengan mata berlian biru itu dikenal dengan nama Heart of the Ocean Diamond. Dalam filmnya, perhiasan dengan berlian seberat 15 karat itu memang ditemukan berada di dasar benua di bekas kapal Titanic yang tenggelam.

Heart of the Ocean Diamond juga menjadi perhiasan paling mahal yang pernah dipakai di ajang Academy Awards pada 1998. Kalung tersebut terlihat melingkar indah di leher aktris kondang Gloria Stuart, pemeran Rose setelah berusia tua di film Titanic.

Harganya memang tidak murah, kalung dengan bentuk tiruan itu dibanderol seharga US$ 20 juta atau Rp 231,7 miliar. Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Richest, Smithsonian, dan the Titanic Universe, Jumat (25/4/2014):


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kisah kalung berlian di film Titanic

Kisah kalung berlian di film Titanic

Di Film Titanic, Heart of the Ocean merupakan berlian palsu yang disematkan pada kalung berbentuk hati yang ditemukan di kapal Titanic yang ternggelam. Meski berlian pada kalung tersebut palsu, namun tenggelamnya kapal Titanic memang nyata yaitu pada 15 April 1912.

Dalam film tersebut, seorang pemburu perhiasan Brock Lovett (diperankan Bill Paxton) mencari sebongkah berlian yang ikut tenggelam dengan Titanic. Kalung tersebut ditampilkan dan dikenakan oleh Louis XVI. Heart of the Ocean juga dibentuk mirip dengan Hope Diamond.

Berlian berbentuk hati itu ditemukan dari gambar penumpang kelas pertama kapal Titanic, Rose yang diperankan Gloria Stewart dan Kate Winslett. Diceritakan dalam film tersebut, kalung berlian berwarna biru segar itu merupakan simbol cinta tunangan Rose padanya.

Setelah kapal itu tenggelam, Rose yang masih bertahan hidup menemukan kalung tersebut berada di jasnya. Di akhir cerita, Rose melepas kalung tersebut terlepas dari genggamannya dan membiarkannya jatuh ke laut.

3 dari 5 halaman

Fakta sejarah kalung Heart of the Ocean Diamond

Fakta sejarah kalung Heart of the Ocean Diamond

Berbeda dengan di film, sejarah lahirnya kalung bertahtakan berlian justru melibatkan kisah percintaan yang hangat. Salah seorang penumpang pesawat bernama Kate Florence menerima hadiah kalung mahal tersebut dari pasangan suami, Samuel Morley, yang sangat dicintainya.

Cincin itu diterimanya saat keduanya sedang terbang menuju Amerika untuk memulai kehidupan baru bersama. Morley kemudian ditemukan meninggal sebagai salah satu korban tenggelamnya kapal Titanic dan dipercaya menjadi inspirasi James Cameron memproduksi film tersebut.

Gagasan berlian biru itu dihadirkan dalam film Titanic pada 1943 yang menunjukkan perselingkuhan dalam kisah percintaan. Kalung dalam film Titanic diciptakan perusahaan pembuat perhiasan London Asprey & Garrad dengan menggunakan zirconium berwarna biru dan emas putih.

Biaya produksi kalung tersebut diprediksi sekitar US$ 10 ribu atau Rp 115,8 juta. Datanya bisa ditemukan di arsip Twentieth Century Fox.

4 dari 5 halaman

Harga kalung berlian aslin dibanderol hingga Rp 231,7 miliar

Harga kalung berlian aslin dibanderol hingga Rp 231,7 miliar

Sejumlah perusahaan pembuat perhiasaan lantas memproduksi kalung dengan desain yang sama. Platinum seberat 170 karat digunakan untuk membuat kalung berbentuk hati tersebut.

Platinum tersebut dihiasi sekitar 65 berlian bulat sebesar 36 karat. Replika kalung hati itu lantas dijual di sejumlah rumah lelang dengan patokan harga termahal sebesar US$ 3,5 juta atau Rp 40,5 miliar.

Heart of Ocean Diamond yang asli diciptakan Harry Winston yang menggunakan berlian biru seberat 15 karat. Tak tanggung-tanggung berlian tersebut dibanderol seharga US$ 20 juta atau Rp 231,7 miliar dan menjadi salah satu perhiasan termahal di dunia.

Namun Anda bisa mendapatkan kalung tersebut dengan harga yang jauh lebih murah senilai Rp 2,8 juta saja. Reproduksi kalung itu dibuat Noveau Treasures dengan menggunakan 1 karat potongan zirkonium biru.

5 dari 5 halaman

Dua selebritis yang memakai kalung berlian Titanic

Dua selebritis yang memakai kalung berlian Titanic

Meski replikanya banyak dijual dengan patokan harga US$ 3,5 juta atau Rp 40,5 miliar, tapi ternyata perhiasan itu bisa mendapat potongan harga. Perhiasan tersebut dapat dijual seharga US$ 2,2 juta saja dengan catatan Celine Dion mau mengenakannya di ajang Academy Awards 1998.

Penyanyi papan atas itu memang mengenakannya saat menyanyikan lagu `My Heart Will Go On` saat pembukaan ajang bergengsi di Hollywood tersebut. Kalung replika tersebut kini menjadi milik puteri salah satu klien Asprey.

Sementara kalung asli bertahtakan berlian seberat 15 karat itu melingkar cantik di leher Gloria Stuart pada ajang yang sama. Tak heran, salah satu perhiasan termahal di dunia itu menjadi kalung termahal yang pernah dikenakan di ajang Academy Awards 1998.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini