Sukses

KAI Hentikan Penjualan Tiket Kereta Api di Stasiun

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui minimarket seperti Indomart, Alfamart, 7Eleven, Lawson, Agen Pos dan Pegadaian.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menghentikan penjualan tiket kereta api jarak jauh di stasiun. Sebagai gantinya, penjualan tiket akan dilakukan via online melalui agen-agen penjualan tiket yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Mulai 15 Agustus tidak ada lagi pemesanan tiket di stasiun, nanti pemesanan dilakukan melalui channel-channel kami," ujar Direktur Komersial PT KAI Slamet Suseno di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (27/4/2014).

Pemesanan tiket melalui channel eksternal dapat dilakukan melalui minimarket seperti Indomart, Alfamart, 7Eleven, Lawson, Agen Pos dan Pegadaian.

Selain itu, konsumen kereta api juga bisa memesan melalui website seperti tiket.kereta-api.co.id, tikekai.com, tiket.com dan juga melalu aplikasi ponsel Blackberry dan lain-lain.

Dia menjelaskan, yang dapat dilakukan stasiun nantinya hanya untuk tiket reduksi dan go show. "Reduksi ini diperuntukan untuk lansia, TNI atau Polri. Sedang go show ini yang pesan dan berangkat pada hari itu juga, tetapi itu kalau masih ada sisa tempat duduk di hari tersebut," katanya.

Eksekutif Vice President (EVP) IT PT KAI Mukti Jauhari menambahkan, sebagai langkah sosialisasi kepada calon pengguna kereta, pihak KAI akan menyebar brosur, pemasangan banner di stasiun, pengumuman informasi melalui stasiun dan juga pemuatan iklan di media massa.

Menurut Mukti, hal ini dilakukan sebagai bagian dari mengurangi kepadatan calon pengguna kereta di stasiun. Selain itu, juga sebagai bagian untuk menghentikan penyebaran calo tiket.

"Point of sale-nya tetap. Tujuannya bagus, agar orang jangan sampai menghabiskan waktunya untuk yang tidak berguna hanya dengan mengantri tiket di stasiun. Jadi waktu masyarakat bisa lebih produktif," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini