Sukses

26 Tahun Berjalan, Program Konversi BBM ke Gas Belum Sukses

Padahal program konversi BBM ke BBG lebih mudah ketimbang konversi minyak tanah ke elpiji 3 kilogram (kg).

Liputan6.com, Jakarta - Program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) telah ternyata sudah dimulai sejak 1988 atau 26 tahun silam. Padahal program konversi BBM ke BBG lebih mudah ketimbang konversi minyak tanah ke elpiji 3 kilogram (kg).

Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya mengatakan, program konversi untuk BBM ke BBG lebih mudah karena obyeknya lebih sedikit dan konversi pada kendaraan lebih mudah ketimbang kompor.

"Menurut saya jauh lebih mudah kendaraan, jumlahnya tidak banyak dan kita cuma memberikan konverter kit," kata Hanung seperti yang dikutip Senin (28/4/2014).

Sedangkan program konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg menurut Hanung lebih sulit dilakukan. Pasalnya, ada target 58 rumah tangga yang harus melakukan konversi minyak tanah ke elpiji sehingga dibutuhkan kerja ekstra keras untuk mewujudkannya.

Hanung menambahkan, program konversi BBM ke BBG sudah ada sejak 1988, namun program konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg jauh lebih bersih.

"Padahal konsep konversi BBG bisa sama persis," ungkapnya.

Menurut dia, diperlukan ketegasan pemerintah agar program yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi BBM tersebut terlaksana dengan baik. Pasalnya, keberhasilan program konversi BBM ke elpiji 3 kg ditunjang oleh dukungan pemerintah.

"Waktu itu Wakil Presiden laporan langsung untuk rapat terbatas selesaikan masalah (konversi minyak tanah ke elpij). Ada satu komando dari pemerintah," pungkasnya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.