Sukses

1.000 Buruh Geruduk Kantor Nike Jakarta Hari Ini

Buruh menuntut Nike Amerika Serikat (AS) untuk mempekerjakan kembali sembilan orang anggota serikat buruh yang pernah dipecat pada 19 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pemanasan menjelang Hari Buruh Internasional atau May Day, ribuan buruh Nike dari PT Chang Shin akan menggelar demo besar-besaran di kantor Nike Indonesia hari ini.

Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Educating for Justice, Jim Keady mengungkapkan demo tersebut akan berlangsung pada siang ini.

"Sekitar 1.000 buruh Nike dari PT Chang Shin akan berunjuk rasa di kantor Nike Indonesia di Gedung Bursa Efek, Jakarta, besok pukul 12 siang," kata dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Sekadar informasi, Educating for Justice adalah sebuah lembaga non profit asal Amerika Serikat yang telah mengadvokasi buruh Nike di Indonesia selama 14 tahun.

Keady mengaku, dalam unjuk rasa ini, buruh menuntut Nike Amerika Serikat (AS) untuk mempekerjakan kembali sembilan orang anggota serikat buruh yang pernah dipecat pada 19 Maret 2014.

"Serikat buruh mendesak Nike Amerika Serikat untuk kembali mempekerjakan buruh tersebut dan membayar atas waktu mereka terhitung sejak kehilangan pekerjaan," tegasnya.
 
Lebih jauh dia menilai, serikat buruh menduga pemecatan itu akibat demo buruh yang pernah dilakukan pada Desember 2013. Demonstrasi di penghujung tahun lalu dilaksanakan karena permintaan buruh atas kenaikan upah, asuransi kesehatan, dan bonus tahunan belum terpenuhi.
 
Menurut Keady, kesembilan anggota serikat yang dipecat tersebut telah mendirikan tenda tepat di luar gerbang pabrik sejak 17 April 2014. Dan aksi ini akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka terpenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.