Sukses

Dahlan Minta Garuda Terbangi Rute Lombok-Sumbawa

Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka penerbangan rute Lombok-Sumbawa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka penerbangan rute Lombok-Sumbawa. Sebelumnya, rute itu diterbangi PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang kini sudah berhenti terbang.

"Saya minta Garuda menerbangi Sumbawa besar, kota itu cukup besar. Tadinya dilayani Merpati tapi tidak dilayani lagi," kata  Dahlan usai menghadiri rapat pimpinan di Kantor Jasindo, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Namun agar bisa terbangi rute tersebut, lanjut Dahlan, Garuda harus meminta izin dari Kementerian Perhubungan. Tapi Kementerian Perhubungan telah memilih maskapai lain.

Dahlan pun melakukan pembicaraan dengan Menteri Perhubungan dan Garuda mendapat izin untuk menempuh rute tersebut namun harus dengan cara resmi.

"Tapi menentukan rute Kemenhub, kemenhub tidak plot itu untuk Garuda, saya menemui Menteri Perhubungan verbal ketemu di sidang kabinet. Resminya Garuda mengajukan surat permintaan dulu," ungkapnya.

Untuk menerbangi rute tersebut, Dahlan pun mengusulkan agar Garuda menggunakan pesawat Merpati yang mangkrak, namun pihak Garuda menolak karena pesawat Merpati tidak bersetifikasi fisik terbang FAA.

"Garuda ke sana dia punya ATR, tolonglah Merpati banyak yang nganggur, disewa saja nanti sedikit-sedikit untuk karyawanya. Garuda menjawab oh nggak bisa Pak karena nggak ada sertifikat FAA. Kenapa tidak berani menerbangkan? Takut reputasi garuda turun gara-gara itu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini