Sukses

Bandara Soekarno-Hatta Masuk 50 Terbaik Dunia di 2015

Tahun ini, bandara tersibuk ke-8 di dunia itu berada di peringkat ke-60.

Liputan6.com, Tangerang - PT Angkasa Pura II menargetkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk ke dalam daftar 50 besar bandara terbaik di dunia versi Skytrax pada 2015.

 Tahun ini, bandara tersibuk ke-8 di dunia itu berada di peringkat ke-60 atau jauh lebih baik dibandingkan dengan 2013 di peringkat 113.

“Posisi Bandara Soekarno-Hatta di antara bandara-bandara lain di dunia terus membaik. Pada 2015, kami targetkan bandara ini masuk ke 50 besar dunia,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (2/5/2014).

Tri menuturkan Bandara Soekarno-Hatta saat ini berada di jalur yang tepat untuk menjadi World Class Airport pada 2016. Berbagai program tengah dijalankan guna menciptakan kenyamanan bagi masyarakat di bandara berkode CGK ini.

 “Peningkatan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga sudah diakui, dimana pada 2014 bandara ini berada di peringkat ke-4 pada The World's Most Improved Airports versi Skytrax,” jelas Tri.

Tri menuturkan PT Angkasa Pura II juga membutuhkan peran serta dari seluruh pemangku kepentingan agar Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menjadi kebanggaan Indonesia di dunia internasional.

Adapun guna meningkatkan kepedulian karyawan dan pengunjung terhadap kebersihan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II setiap bulannya pada minggu pertama rutin menggelar kerja bakti membersihkan terminal dari berbagai sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

Pada kerja bakti bulan ini, turut ikut serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang merazia sampah-sampah yang dibuang tidak pada tempatnya di area Terminal 3.

 “Program bersih-bersih ini sudah secara rutin dijalankan oleh PT Angkasa Pura II, dan saya melihat ini bagus. Kebersihan adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya tanggung jawab bagian kebersihan saja,” jelas Dahlan.

Dahlan  juga menyatakan bahwa kebersihan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam dua tahun terakhir sudah jauh membaik.

 “Saya baru pulang dari Kuala Lumpur dan Penang, dan saya melihat kondisi Bandara Soekarno-Hatta jauh lebih bersih dibandingkan dengan kedua bandara itu,” papar mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) tersebut.

Sebelum ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih ini, Dahlan juga menyempatkan diri untuk senam bersama dengan para karyawan PT Angkasa Pura II.

 Bandara Soekarno-Hatta saat ini merupakan bandara tersibuk di Indonesia dan ke-delapan di dunia, dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 62,1 juta penumpang pada 2013 atau meningkat 3,5% dibandingkan dengan 2012.

Tahun ini, akan dioperasikan tahap pertama dari Terminal 3 Ultimate yang akan mendukung Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi bandara berkelas dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.