Sukses

Molor Terus, Pemberkasan Honorer K2 Harus Tuntas Mei

Pemda diminta tidak mengusulkan dan meloloskan data honorer bodong dalam pemberkasan NIP.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Honorer Indonesia (FHI) menyayangkan lambannya pemerintah daerah dalam menyelesaikan verifikasi, validasi dan pemberkasan data tenaga honorer kategori II yang seharusnya tuntas pada Maret lalu. 

Ketua Dewan Pembina FHI, Hasbi menilai hal ini seharusnya tidak perlu terjadi jika pendataan awal honorer kategori I dan II yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan baik serta tidak meloloskan data bodong (bermasalah dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kategori II.

"FHI mendesak pemda untuk segera menyelesaikan verifikasi, validasi dan pemberkasan honorer kategori II sesuai batas waktu yang telah dijadwalkan pemerintah pusat pada awal Mei setelah mengalami penundaan beberapa bulan," terang Hasbi saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (3/5/2014).

Menurut dia, tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk menunda-nunda lagi proses pemberkasan. Pemda juga tidak perlu takut mengusulkan data honorer kategori II yang lolos tes ke Badan Kepegawaian Negara (BKN)  dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) jika data sudah lengkap dan sesuai aturan. 

Hasbi juga menghimbau agar pemda tidak mengusulkan dan meloloskan data honorer bodong dalam pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Pasalnya, hal itu dapat berimbas ke ranah hukum yang dapat menyebabkan berlarut-larutnya dan terhambatnya penyelesaian tenaga honorer di daerah dan secara nasional.

"Oleh karena itu, FHI meminta pemerintah secara sungguh-sungguh dan serius melakukan reformasi birokrasi," papar dia.

Salah satu barometernya ialah bagaimana pemerintah melaksanakan dan menyelesaikan masalah honorer dengan kualitas rekrutmen CPNS yang lebih baik dan bersih, bebas KKN dan permainan uang. "Dengan begitu, CPNS yang lolos memang sesuai dengan ketentuan yang ada dengan proses rekrutmen dan seleksi yang jauh lebih baik dari sebelumnya," terang Hasbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini