Sukses

Amcor Australia Caplok Perusahaan Kemasan Indonesia

Perusahaan kemasan multinasional Amcor Limited sepakat mengakuisisi bisnis di bidang serupa milik Indonesia, Bella Prima seharga Rp 311,35 M

Liputan6.com, Sydney - Perusahaan kemasan multinasional Amcor Limited sepakat untuk mengakuisisi bisnis di bidang serupa milik Indonesia, Bella Prima seharga US$ 27 juta atau setara Rp 311,35 miliar (kurs: 11.531/US$).

Harga pembelian tersebut sudah termasuk tujuh kali pendapatan Bella Prima sebelum dikenakan bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (pengurangan nilai aktiva tidak berwujud, seperti merek dagang, hak cipta, dan lain-lain) sepanjang 2013.

Seperti dikutip dari Commonwealth Bank of Australia, Rabu (7/5/2014), Bella Prima memiliki dua pabrik di Jakarta yang khusus bergerak di bidang penempelan label dan menutup kemasan barang.

Perusahaan tersebut dilaporkan berhasil menembus volume penjualan hingga senilai US$ 30 juta atau Rp 345,9 miliar sepanjang tahun lalu.

Amcor mengumumkan, langkahnya mengakuisisi Bella Prima dapat melengkapi operasinya di Indonesia. Pasalnya, perusahaan yang berbasis di Australia itu telah memiliki satu pabrik pengemasan fleksibel di Tanah Air.

"Indonesia merupakan pasar yang menarik bagi bisnis pengemasan kami mengingat pendapatan per kapitanya yang terus meningkat dan adanya perubahan format ritel," ungkap Direkur Pelaksana Amcor Ken MacKenzie.

Dia menjelaskan, akuisisi Bella Prima menyediakan lebih banyak peluang bagi Amcor untuk memperluas portfolio produknya dalam sejumlah segmen pasar yang lebih menarik. Selain itu, Amcor juga dapat memperdalam hubungannya dengan para konsumen kunci di Tanah air.

MacKenzie juga mengungkapkan harapannya melalui akusisi itu, bahwa perusahaan dapat mendapatkan keuntungan 20% lebih besar dalam tiga tahun ke depan.

Tahun Lalu, Amcor mengembangkan bisnis Australasia tuanya dan Packaging Distribution ke dalam entitas terdaftar yang terpisah, dikenal dengan Orora.

Perusahaannya memulai perdagangan di Bursa Saham Australia pada Desember tahun lalu, agar Amcor dapat fokus pada bisnis kemasan plastik kaku dan fleksibel.

Sebelumnya, Amcor telah secara agresif mengembangkan divisinya dengan mengakusisi perusahaan china, Jingsu Shenda pada Juli tahun lalu. Selain itu, pada November, Amcor juga mencaplok saham Australia Detmold Flexibles.

Sekadar informasi, bisnis kemasan fleksibel mengakus pada kemasan yang berubah bentuk saat diisi dengan barang-barang dan terbuat dari bahan-bahan seperti plastik.

Pagi ini, setelah mengumumkan langkah akuisisi  atas perusahaan di Indonesia tersebut, saham Amcor tercatat naik 0,1% menjadi US$ 10,33 pada perdagangan pagi ini. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini