Sukses

Orang Indonesia Paling Gemar Menabung di Kawasan ASEAN

Indeks kepercayaan konsumen Indonesia pada kuartal I 2014 mencapai skor 124.

Liputan6.com, Jakarta - Konsumen Indonesia tercatat sebagai konsumen paling optimis untuk terus menyisihkan uangnya sebagai tabungan dibandingkan konsumen di negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Selain Indonesia, konsumen di negara lain yang juga memiliki tingkat optimisme tinggi yaitu Filipina, Thailand, Singapura dan Vietnam.

Hasil riset perusahaan informasi dan pengukuran global dalam bidang pemasaran, konsumen dan media massa, Nielsen Holding N.V, menyebutkan indeks kepercayaan konsumen Indonesia pada kuartal I 2014 mencapai skor 124.

Tingkat kepercayaan diri konsumen Filipina mencapai skor 116, meningkat dua poin dibandingkan kuartal sebelumnya dan Thailand dengan skor 108, turun satu poin dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Singapura dan Vietnam mencatatkan skor 99 pada kuarta I tahun ini, sedangkan Malaysia mengalami penurunan terbesar pada diantara negara ASEAN sebesar 6 poin menjadi 92 pada kuartal I 2014," ujar Managing Director Media Nielsen Indonesia Irawati Pratignyo di Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Sementara itu, menurut dia, keinginan konsumen Indonesia untuk berbelanja pada kuartal IV 2013 mengalami sedikit penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya.

Pada kuartal IV 2013, sebanyak 56% konsumen menyatakan bahwa satu tahun ke depan adalah waktu yang baik dan sangat baik untuk membeli barang yang diinginkan atau dibutuhkan. "Pada kuartal I 2014 angka tersebut turun menjadi 53%," katanya.

Sedangkan dalam hal penggunaan dana cadangan setelah mencukupi biaya hidup, sebanyak 72% konsumen Indonesia menyatakan bahwa dana tersebut diperuntukan untuk menabung, 44% konsumen untuk berlibur, 35% untuk berinvestasi saham dan reksadana dan 27% untuk hiburan di luar rumah.

Survei ini dilaksanakan pada 17 Februari hingga 7 Maret 2014 dengan mensurvei lebih dari 30 ribu konsumen online di 60 negara di kawasan Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini