Sukses

PLTU Molotabu Kembali Berfungsi

Pemadaman listrik masih akan terjadi di Gorontalo walau pembangkit listrik telah kembali normal.

Liputan6.com, Gorontalo - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Molotabu dapat kembali difungsikan setelah sempat terbakar pada April 2014. Kerusakan pada alat penghancur batu bara akibat kebakaran, bisa terselesaikan lebih cepat.

Manager PLN Gorontalo, Priyo Nugroho yang dihubungi Liputan6.com, membenarkan hal tersebut. Priyo menerangkan, PLTU Molotabu telah mulai beroperasi sejak Selasa 06 Mei 2014 kemarin, dan mulai masuk sistem secara penuh pada Rabu pagi (07/05/2014).

Namun meski PLTU Molotabu sudah berfungsi kembali, pemadaman akan tetap terjadi, namun dengan frekuensi dan penyebaran yang lebih kecil.

" Molotabu mulai operasi kemarin siang , masuk sistem kemarin pukul 19.55 Wita, dan full kapasitas jam 10.15 Wita pagi tadi. Kalau untuk pemadaman tetap ada hanya frekuensinya/sebarannya yang berkurang, " Kata Priyo Nugroho, Rabu (07/05/2014).

Priyo juga menambahkan, kontrak PLTU Molotabu dengan PLN Gorontalo sebanyak 2 x 10,5 MW, dievakuasi via Jaringan Transmisi Tegangan Tinggi 150 KV. Namun karena masih adanya kendala  hutan lindung pihaknya mencoba evakuasi melalui 20 KV satu unit saja kapasitas 10,5 MW.

" Yah mudah mudahan bisa segera selesai, biar kuota 2 X 10,5 MW bisa segera selesai, dan Gorontalo bisa aman listrik," pungkas Priyo Nugroho.

Sebelumnya, pasca terbakarnya alat penghancur batu bara pada PLTU Molotabu, pemadaman bergilir pun terjadi di Provinsi Gorontalo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini