Sukses

Menanti Rilis BI Rate, Rupiah Makin Melempem

Nilai tukar rupiah melanjutkan pelemahannya dan sempat berada level Rp 11.620 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan pada perdagangan sebelumnya. Pelemahan diperkirakan berlanjut pada hari ini.

Menurut data Bloomberg, nilai tukar rupiah berada di level Rp 11.578 per dolar AS, melemah 0,51% dibanding dengan penutupan sehari sebelumnya yang tercatat Rp 11.519 per dolar AS.

Sedangkan data kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah terkoreksi 0,14% menjadi 11.527 per dolar AS.

Hari ini, pada pukul 09.30 WIB, nilai tukar rupiah melanjutkan pelemahannya dan sempat berada level Rp 11.620 per dolar AS.

Rangga Cipta, Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia dalam riset hariannya menyebutkan bahwa pelemahan rupiah terhadap dolar AS ini berbeda dengan situasi di regional. Mayoritas mata uang Asia justru menguat terhadap dolar AS.

Menurut Rangga, hari ini neraca perdagangan China akan diumumkan dan diperkirakan membaik. Bank Indonesia juga diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga acuan (BI rate).

Atas dasar kedua alasan tersebut menurutnya dolar akan mengalami penguatan yang akan mendorong pelemahan rupiah. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini