Sukses

Jurus Kementan Kejar Target Swasembada Kedelai

Menteri Pertanian, Suswono mengungkapkan adanya jaminan harga dari Bulog telah menggairahkan kembali petani untuk menanam kedelai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian, Suswono mendorong Indonesia memiliki terobosan agar bisa swasembada kedelai. Salah satunya dengan memanfaatkan lahan di daerah yang belum mengembangkan tanaman kedelai.

Ia mengaku, akan membuka lahan untuk penanaman kedelai di daerah Subang Jawa Barat. Untuk menanam kedelai itu,  ia mengajak Panglima TNI Moeldoko.

"Saya bersama panglima menanam kedelai di wilayah Subang, yang hampir tidak pernah ditanam kedelai, terobosan tahun ini," kata Suswono, dalam Musrenbangtan, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Menurut Suswono, agar Indonesia bisa mencapai target swasembada kedelai, harus ada upaya dan terobosan khusus, di antaranya dengan menambah luas lahan dan penetapan harga yang baik sehingga para petani bergairah menanam kedelai.

"Perlu upaya khusus dan terobosan,  regulasi penetapan harga kami upayakan sebaik-baiknya, beberapa belakangan ini petani bergairah karena jaminan harga dari Bulog," papar Suswono.

Suswono menyatakan, sampai saat ini Indonesia belum bisa memenuhi target swasembada kedelai. Hal itu disebabkan banyaknya kendala. "Target swasembada kedelai sangat berat, upaya tahun lalu tidak mencapai target karena kendala," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini