Sukses

Penyebab Meluasnya Pemadaman Listrik di Jakarta dan Tangerang

Adanya peningkatan defisit daya sekitar 150 megawatt (MW) menjadi 750 MW pada Selasa (13/5/2014).

Liputan6.com, Jakarta - Pemadaman listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang semakin meluas. Apa penyebabnya? Ternyata ini akibat adanya penurunan pasokan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lontar, Banten.

PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) adanya peningkatan defisit daya sekitar 150 megawatt (MW) menjadi 750 MW pada Selasa (13/5/2014).

"Kemarin defisit daya 600 MW, sekarang jadi 750 MW karena turunnya pasokan dari PLTU Lontar ke  trafo IBT (interbust transformer) Balaraja," kata  Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Roxy Swagerino saat dihubungi Liputan6.com.

Dia menyebutkan pemadaman listrik yang terjadi pada hari ini yaitu akibat adanya gangguan di sub sistem Muara Karang–Gandul, Balaraja-Lontar dan Kembangan. Sementara untuk penghantar Muara Karang-Gandul yang kemarin mengalami gangguan, kini sudah pulih kembali.

"Karena gangguan di Balaraja-Lontar maka daerah yang padam banyak di Tangerang," jelasnya.

Adapun wilayah yang akan dipadamkan mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB antara lain wilayah sekitar Jl. Bitung, Jl. Raya Pasar Kemis, Jl. Raya Serang Balaraja, Gading Serpong, Jl. Raya Legok, Jl. Raya Mauk, Grogol, Daan Mogot, Cengkareng, Jl. Kyai Tapa, Cengkareng, Ciledug, Daan Mogot, Kedoya Raya, Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, Jl. Curug Raya, Jl. Raya Cipondoh, Jl. Bhayangkara Serpong, Alam Sutera dan sekitarnya.
 
Kemudian pada pukul 16.00 – 19.00 WIB antara lain wilayah sekitar Jl. Kapuk Kamal, Jl. Batu Ceper Raya, Jl. Raya Serang, Kali Angke, Taman Anggrek, Tomang Raya, Jl. Kapuk Kamal Muara, Jl. Kapuk Kayu Besar, Jl. Setiabudi, Jl. Kuningan, Jl. Sudirman, Jl. Thamrin, Tanah Abang, Karawaci, Jl. Raya Pasar Kemis, Jatake dan sekitarnya. (Ndw/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.