Sukses

Pemudik Jabodetabek Lebih Pilih Jalur Pantura

Puncak arus mudik terjadi tiga hari sebelum Lebaran yaitu pada Jumat 25 Juli 2014.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sebagian besar pemudik dari wilayah Jakarta dan sekitarnya akan memilih jalur Pantai Utara (pantura) dibanding dengan jalur Selatan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Elly Adriani memperkirakan, akan adanya peningkatan pemudik sebanyak 6,99% atau menjadi 27,9 juta pemudik pada Lebaran tahun ini dibanding dengan Lebaran tahun sebelumnya yang tercatat 25,6 juta pemudik.

Para pemudik yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) tersebut, lanjut Elly, sebanyak 48% memilih untuk  menggunakan jalur pantura. "Komposisinya 61% menuju Jawa Tengah dan 39% menuju Jawa Timur," jelasnya, Rabu (14/5/2014).

Sedangkan pemudik yang memilih menggunakan jalur selatan sebanyak 38%. Sisanya sebesar 4% hanya akan menuju Bogor saja dan 10% akan menuju ke Barat.

Elly juga memperkirakan puncak arus mudik terjadi tiga hari sebelum Lebaran yaitu pada Jumat 25 Juli 2014. Perkiraan tersebut disimpulkan setelah melihat jadwal cuti bersama Lebaran 2014. "Lebaran di 28-29 Juli, ada cuti bersama, Jadi puncak mudik H-3 pada Jumat 25 Juni sore,"  kata Elly.

Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu 2 Agustus 2014. Arus balik cukup jauh dari puncak arus mudik karena dipengaruhi libur yang cukup panjang. "Liburannya empat hari setelah hari H" pungkasnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini