Sukses

10 Negara Dengan Gaji Penduduk Tertinggi di Dunia (II-Habis)

Berbicara mengenai pendapatan per kapita, negara kecil seperti San Marino ternyata mampu memberikan kekayaan yang cukup besar bagi warganya

Liputan6.com, Quebec - Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia, Amerika Serikat (AS) ternyata belum mampu memberikan kekayaan yang merata bagi penduduknya. Meski demikian, AS tetap mampu menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita penduduk paling tinggi di dunia.

Seperti dikutip dari The Richest, Jumat (16/5/2014), China yang memiliki ekonomi kedua terbesar di dunia dan mampu memberikan pertumbuhan ekonomi signifikan dalam beberapa tahun terakhir masih tersandung jumlah populasi penduduk yang terlalu tinggi. Alhasil, jumlah rata-rata pendapatan per kapitanya masih terhitung rendah.

Berbicara mengenai pendapatan per kapita, negara kecil seperti San Marino ternyata mampu memberikan kekayaan yang cukup besar bagi setiap penduduknya. Bahkan San Marino merupakan negara yang tercatat bebas utang. Sementara negara kecil lain, Brunei juga mencatatkan pendapatan per kapita yang cukup siginifikan.

Berikut lima dari 10 negara dengan rata-rata pendapatan per kapita teringgi di dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Amerika Serikat

6. Amerika Serikat (AS)

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 53.101

Meskipun jumlah penduduk kelas menengahnya terus menurun sejak 2008, tapi basis ekonomi per kapitanya masih kuat. Tapi jumlahnya terganggu dengan total penduduk berpendapatan rendah yang membuat rata-rata kekayaannya berkurang.

Meski demikian, jumlah penduduk kelas menengahnya masih jauh lebih baik dibandingkan kebanyakan negara di dunia.

3 dari 6 halaman

Swiss

7. Swiss

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 46.430

Swiss banyak mencatatkan sejarah, bahkan negara tersebut tidak bergabung dengan PBB hingga 2002. Meski demikian, Swiss tetap kaya. Perekonomiannya terbangun dari berbagai sektor termasuk manufaktur, teknologi dan finansial.

Sektor industrinya yang sangat kuat membuatnya menjadi pusat ekonomi dunia. Swiss bahkan diprediksi menjadi pimpinan ekonomi Eropa dalam beberapa tahun ke depan.

 

4 dari 6 halaman

San Marino

8. San Marino

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 44.480

Negara kecil ini ternyata berhasil menjadi salah satu yang terkaya di dunia. Dikelilingi sejumlah wilayah Italia, San Marino diklaim sebagai salah satu negara paling tua dengan sistem politik yang telah bertahan sejak 301 masehi.

San Marino tidak punya utang dan salah satu negara dengan tingkat pengangguran terendah di Eropa. Kondisi itu merupakan hasil dari industri pariwisata dan keuangan di sana. Dengan hanya 32 ribu penduduk, San Marino mampu menjadi negara yang sangat kaya.

 

5 dari 6 halaman

Kanada

9. Kanada

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 43.427

Sejauh ini, Kanada memiliki jumlah penduduk menengah kelas atas yang lebih tinggi dibandingkan di Amerika Serikat (AS). Padahal AS menyandang gelar sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Harga komoditas yang meningkat di pasar internasional memang telah membuat banyak warga Kanada menjadi lebih kaya. Meski demikian, tapi jumlah PDB per kapita Kanada masih jauh tertinggal di bawah AS.

6 dari 6 halaman

Australia


10. Australia

Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita: US$ 43.073

Australia merupakan salah satu negara terkaya dunia dan memiliki hubungan perdagangan yang baik dengan Inggris dan rekan bisnis lainnya. Kini Australia juga tengah mengembangkan hubungan perekonomian yang penting dengan China dan negara berkembang Asia lainnya.

Komoditas ekspor telah lama menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Australia. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.