Sukses

Rupiah Menguat Tajam Didorong Pengumuman Capres-Cawapres RI

Kurs Referensi JISDOR Bank Indonesia mencatatkan rupiah berhasil menguat tajam sebesar 64 poin ke level 11.351 per dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Kejelasan koalisi partai serta pengumuman calon presiden dan wakil yang akan mendampinginya terus menjadi sentimen positif yang mendorong naik nilai tukar rupiah. Setelah sepanjang pekan lalu menguat, Rupiah masih melanjutkan penguatannya hingga perdagangan pagi ini.

Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Senin (19/5/2014), mencatat rupiah berhasil menguat tajam sebesar 64 poin ke level 11.351 para perdagangan hari ini. Ini merupakan kelanjutan dari penguatan yang terjadi selama sepekan kemarin.

Sementara mengacu pada data valuta asing Bloomberg, rupiah tercatat dibuka menguat 35 poin dari penutupan perdagangan akhir pekan lalu, 11.412 per dolar AS menjadi 11.378 pada pembukaan hari ini.

Nilai tukar rupiah terus berfluktuasi menguat hingga sempat menyentuh level 11.342 pada perdagangan pukul 9:52 waktu Jakarta. Rupiah tercatat masih berada di kisaran 11.342-11.378 hingga perdagangan pukul 10:13 waktu Jakarta.

Hasil Riset PT Samuel Sekuritas Indonesia mencatat rupiah mampu mengimbangi penguatan yang terjadi di sebagian besar mata uang negara-negara Asia. Penantian para investor menunggu kepastian bergulirnya nama-nama calon presiden dan calon wakil presiden yang kini kian terang, tercatat berdampak postif pada pergerakan rupiah.

"Dari faktor domestik, tidak ada lagi yang lebih penting dibandingkan nama-nama capres dan cawapres," ungkap Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

Meski demikian, Rupiah masih memiliki kecenderungan untuk kembali melemah. (Sis/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini