Sukses

Atasi Macet, Pemerintah Minta Perusahaan Longgarkan Libur Mudik

Kemenhub telah menyiapkan tambahan setidaknya tiga kapal roro untuk jurusan ke beberapa kota di pulau Jawa dan Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Demi mengantisipasi kepadatan arus mudik, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk memberikan kelonggaran libur bagi karyawan yang ingin mudik lebaran.

"Himbauan untuk perusahaan kami harapkan gajian itu kalau bisa jauh-jauh sebelumnya, kasih libur panjang biar bisa mudik lebih cepat," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Kemenhub juga meminta bagi perusahaan yang mempunyai program mudik bareng untuk menyelenggarakan program tersebut dalam dua tahap atau dua periode.

"Jadi keberangkatan bisa dua kali, misalnya anak istri dulu, kemudian bapaknya nyusul, itu bisa kurangi kepadatan arus mudik," katanya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, Kemenhub sudah menyiapkan beberapa armada tambahan untuk mampu mengurangi kepadatan arus mudik, terutama melalui jalur laut.

Dalam perayaan lebaran tahun ini, Kemenhub telah menyiapkan tambahan setidaknya tiga kapal roro untuk jurusan ke beberapa kota di pulau Jawa dan Sumatera.

"Kapasitas dari Fery dan kapal laut untuk terutama Jakarta-Semarang, kemudian Jakarta-Panjang untuk meringankan beban aktivitas di Selat Sunda. Fery juga disiapkan untuk Jakarta-Tegal-Semarang," kata dia. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.