Sukses

Survei Terbaru: 10 Negara Paling Kompetitif di Dunia

Pada laporan terbaru di 2014 ini, Amerika Serikat tercatat berada pada urutan teratas menjadi negara paling kompetitif sejagat.

Liputan6.com, New York - Kurun 26 tahun terakhir, IMD sekolah bisnis internasional di Lausanne Swiss mengeluarkan daftar negara-negara yang dikatakan paling kompetitif di dunia.

Pada laporan terbaru di 2014 bertajuk The IMD World Competitiveness Yearbook, Amerika Serikat tercatat berada pada urutan teratas menjadi negara paling kompetitif sejagat. Padahal, negara ini pernah terpuruk selama beberapa tahun akibat resesi besar yang terjadi.

"Cerita tentang daya saing ini salah satu kesuksesannya dapat dilihat di Amerika Serikat, pemulihan parsial di Eropa, dan perjuangan di beberapa pasar negara berkembang besar. Tidak ada resep tunggal bagi satu negara untuk mendaki peringkat daya saing tapi lebih banyak tergantung pada konteks lokal," ujar Profesor Arturo Bris, Direktur Pusat Daya Saing Dunia IMD dalam keterangannya, Sabtu (24/5/2014).

Amerika mampu naik ke posisi puncak setelah pulih dari krisis pasar keuangan yang menggerogoti banyak negara.

Sementara dari Asia, hanya Singapura yang masuk dalam jajaran negara paling kompetitif di dunia dengan menempati posisi ketiga, naik satu peringkat dari 2013.

IMD menetapkan peringkat dari 60 negara di seluruh dunia dengan mengukur 338 kriteria dalam empat kategori yakni kinerja ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis dan infrastruktur. Perusahaan menggunakan survei terhadap lebih dari 4.300 eksekutif internasional.

Survei juga dilakukan dengan mengandalkan data statistik dari lembaga seperti Organization for Economic Co-operation and Development, Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, yang melacak beberapa hal seperti investasi langsung, surplus anggaran, pendapatan dari pariwisata dan pengangguran.

IMD juga mengambil keuntungan dari 55  lembaga rekanan di seluruh dunia, seperti agen pembangunan Irlandia, Federasi Industri Jerman dan Mitsubishi Research Institute di Jepang untuk mengumpulkan data statistik dari sumber-sumber nasional dan mendistribusikan survei ke para eksekutif. Survei berlangsung kurun Januari sampai Maret 2014.

Ingin tahu, berikut daftar lengkah 10 negara paling kompetitif pada tahun 2014, melansir laman Forbes, Sabtu (23/5/2014):

1.  Amerika Serikat (1)

2. Swiss ( 2 )

3. Singapura ( 4 )

4. Hong Kong ( 3 )

5. Swedia ( 4 )

6. Jerman ( 9 )

7. Kanada ( 7 )

8. UAE ( 8 )

9. Denmark ( 12 )

10. Norwegia ( 6 )


(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.