Sukses

Pengusaha Permen Jadi Presiden Ukraina

Di dunia, Petro Poroshenko menduduki di peringkat 1.284 sebagai orang terkaya.

Liputan6.com, Kiev - Pengusaha pro Eropa, Petro Poroshenko mengklaim telah memenangkan pemilihan umum presiden di Ukraina dengan perolehan suara sebesar 56%. Jumlah suara tersebut berdasarkan jajak pendapat.

Dengan jumlah suara yang didapat tersebut, Petro Poroshenko langsung terpilih menjadi presiden dan tidak perlu ada putaran kedua karena jumlah suaranya telah di atas ambang batas yang ditentukan yaitu 50%

Dalam jajak pendapat tersebut, urutan kedua ditempati oleh Mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko dengan jumlah suara di kisaran 13%.

Seperti ditulis oleh Theguardian.com, pada hari minggu kemarin rakyat Ukraina melakukan pemilihan umum yang cukup penting sejak kemerdekaannya.

Namun, jutaan warga di Ukraina bagian timur memilih untuk tidak ikut berpartisipasi karena diduga merupakan simpatisan separatis.

"Hari ini semua rakyat Ukraina memilih, artinya ini adalah suara nasional," Klaim Poroshenko di markas kampanye setelah jajak pendapat dirilis pada minggu atau Senin pagi di Indonesia (26/5/2014).

Salah seorang eksekutif di perusahaan teknologi informasi Vladimir Pestenkov mengaku, cukup senang dengan hasil pemilihan umum tersebut. "Rusia memang tidak mengakui kita tetapi sekarang dunia mengerti bahwa ada satu orang yang kami dukung untuk meminpin," jelasnya.

Dalam Forbes, Poroshenko menempati posisi sebagai orang terkaya ke tujuh di Ukraina dengan jumlah kekayaan mencapai US$, 1,3 miliar. Bisnis utamanya di bidang panganan seperti kembang gula dan cokelat.

Di dunia, ia menduduki di peringkat 1.284 sebagai orang terkaya. Peringkat tersebut merosot dar tahun sebelumnya yang masih berada di angka 931.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini