Sukses

Chairul Tanjung Minta Setoran Pajak Dipangkas Rp 50 Triliun

Pemotongan anggaran belanja pada kementerian dan lembaga pemerintah harus diupayakan tidak menghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Usulan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan Indonesia terkait penurunan target penerimaan pajak melalui Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2014 sekitar Rp 70 triliun di nilai terlalu besar.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung memahami bahwa target penerimaan penerimaan pajak sulit tercapai karena tergantung kepada pertumbuhan ekonomi. Namun, dia mengharapkan pengurangan target penerimaan pajak tersebut jangan terlalu besar.

"Memang terjadi penurunan penerimaan pada pajak. Kalau memungkinkan jangan sampai Rp 70 triliun, mungkin Rp 50 triliun. Tetapi sekarang masih dalam proses pembahasan di DPR," ujarnya di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Selain itu, untuk pemotongan anggaran belanja pada kementerian dan lembaga pemerintah harus diupayakan agar tidak menghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi sekecil mungkin memberikan efek pada pertumbuhan ekonomi. Sekarang masih dalam proses, tetapi yang namanya pemotongan menyebabkan dorongan fiskal pasti mengecil," katanya.

Seperti diketahui, target penerimaan pajak dalam APBN Perubahan 2014 diturunkan. Penurunan tersebut merupakan respon atas perkiraan melesetnya hampir seluruh asumsi makro APBN 2014 dan minimnya kapasitas Ditjen pajak. Dengan penurunan target APBN 2014 dari sebesar Rp 1.110 triliun menjadi Rp 1.040 triliun. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini