Sukses

10 Kota dengan Peluang Bisnis Terbaik di Dunia (I)

PricewaterhouseCoopers melansir peringkat baru 10 kota besar di dunia yang menawarkan peluang bisnis yang luas bagi warganya.

Liputan6.com, New York - PricewaterhouseCoopers (PwC), perusahaan konsultan keuangan dunia, melansir peringkat baru 10 kota besar di dunia yang menawarkan peluang bisnis yang luas bagi orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut.

Melalui laporan berjuluk, "Cities of Opportunity," kota-kota ini disebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kota-kota di dunia lainnya. Meski dalam laporannya, PwC ikut menyebutkan kekurangan dari kota-kota tersebut.

Adapun beberapa yang menjadi pertimbangan PwC seperti perihal modal intelektual dan inovasi, kesiapan teknologi, akses kota dari seluruh dunia, transportasi dan infrastruktur, kesehatan, keselamatan, dan keamanan, lingkungan hidup, demografi, kekuatan ekonomi, kemudahan berbisnis serta biaya hidup.

Ingin tahu kota mana saja?, berikut daftar lengkap 5 dari 10 kota besar di dunia yang menawarkan peluang bisnis yang luas bagi orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut melansir laman Inc.com, Senin (26/5/2014):


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. London

London, Ibukota Inggris ini masuk posisi teratas yang memberikan peluang bisnis bagi warga yang tinggal di kota ini.

Kota ini dinilai telah siap secara teknologi dan kuat secara ekonomi. Kota ini sukses melompat ke posisi nomor wahid dari sebelumnya berada di peringkat ke-8 untuk kesiapan teknologi.

Hal ini setelah London menggiatkan akses internet di sekolah-sekolah. London kian mengembangkan sektor teknologinya terutama dalam teknologi kesehatan.

Demikian pula soal akses, enam bandara internasional di Inggris membuat masyarakat mudah menjangkau kota ini. Kita juga dapat naik Eurostar, kereta api berkecepatan tinggi dan mendapatkan akses Paris-London dalam beberapa jam saja.

Inggris telah menciptakan kekayaan bagi warganya dan masyarakat dunia selama ratusan tahun, menurut laporan PwC. Sebuah studi baru menemukan London memiliki lebih banyak orang-orang terkaya di dunia dibandingkan kota-kota lain.

Sayang, kota ini kini dikenal dengan biaya hidup yang tinggi. Bahkan warganya sudah mulai kewalahan dengan pengeluaran yang harus mereka habiskan tiap bulannya.

3 dari 6 halaman

2. New York

Di bawah London, New York City menjadi kota yang dinilai memberikan peluang bisnis yang luas bagi warganya.

Menurut peringkat PwC, The Big Apple menjadi kota yang paling diinginkan karena memiliki keunggulan mulai dari kemudahan berbisnis dan kekuatan ekonomi.

New York City adalah rumah kedua bursa saham terbesar di dunia, New York Stock Exchange dan NASDAQ. Sebab itu kota ini menjadi hub untuk berbagai industri, mulai dari mode keuangan hingga teknologi.

Namun, kota ini bukan tempat termudah untuk tinggal atau berkunjung. New York masuk peringkat ke-16 soal transportasi dan infrastruktur. Kota ini dikenal dengan biaya angkutan umum yang mahal dan sulitnya mendapatkan taksi.

Selain itu, New York memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota lain dalam survei, seperti Los Angeles , Chicago , dan Beijing. Bulan lalu CNN melaporkan kota ini kota ketiga paling  mahal di dunia untuk menyewa apartemen.

4 dari 6 halaman

3. Singapura

Singapura disebut membuat kemajuan besar, sebab mampu memperbaiki peringkatnya sebagai kota yang memberikan peluang bisnis dari posisi keempat naik ke posisi ketiga. Negara ini mendominasi dalam hal transportasi dan infrastruktur.

Singapura dikenal memiliki transportasi umum yang fantastis. Negara ini membangun infrastruktur dan transportasi saat masih menjadi koloni Inggris sebelum tahun 1963.

Pada tahun 70-an dan 80-an, negara-kota ini langsung bereaksi mengatasi masalah lalu lintas dengan investasi besar-besaran dalam sistem transit massa.

5 dari 6 halaman

4. Toronto

Walikota Toronto dikenal sebagai pemimpin yang memiliki reputasi mampu memberikan kualitas hidup yang sangat baik.

Dalam laporan PwC, ibukota Kanada ini memiliki kelebihan dalam beberapa sektor yakni kesehatan, keselamatan keamanan dan transportasi serta infrastruktur. Sebab itu kota ini masuk peringkat keempat pemberi kemudahan dalam berbisnis .

Kota ini dianggap salah satu yang paling aman di Amerika Utara, dan peringkat nomor satu dalam sistem transportasi umum.

Kekurangannya, negara ini masuk peringkat nomor 13 soal kemacetan lalu lintas untuk memudahkan perjalanan.

6 dari 6 halaman

5. San Fransisco


Tidak mengherankan , jantung Silicon Valley ini masuk salah satu dari tiga kota lahirnya intelektual dan inovasi.

San Francisco dengan populasi 825 ribu jiwa mampu menjadi sebuah kota kecil dengan pengaruh ekonomi yang besar, menurut laporan PwC .

Beberapa perusahaan terbesar di dunia yang berbasis di dan di sekitar San Francisco dan perusahaan-perusahaan besar seperti Google memiliki pos-pos besar di kota ini.

Sebab itu, dikenal dengan peringkat yang baik membuat biaya hidup di kota ini semakin mahal. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini