Sukses

Forum Transportasi Dunia Soroti Pesatnya Pertumbuhan Sepeda Motor

Fenomena pertumbuhan transportasi sepeda motor menjadi paling dahsyat di negara seperti Indonesia, India, Taipei.

Liputan6.com, Jakarta - Forum transportasi Dunia (International Transport Forum/ITF) menyoroti perkembangan transportasi roda dua atau sepeda motor yang semakin meningkat di Indonesia. Hal yang disoroti terutama cara mengurangi angka kecelakaan akibat kendaraan ini.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, fenomena pertumbuhan transportasi sepeda motor menjadi paling dahsyat di negara seperti Indonesia, India, Taipei.

"Negara maju mulai merasakan kenaikan sepeda motor. Kita motor punya 70 jutaan," kata Bambang di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta, Senin (26/5/2014).

Forum ini menilai pertumbuhan sepeda motor yang tinggi, berpotensi besar meningkatkan angka kecelakaan. Hal ini pun mendorong ITF melakukan penyelidikan cara mengurangi angka kecelakaan tersebut.

"Forum mengusulkan kerjasama menyelidki cara mengurangi kecelakaan sepeda motor," tutur dia.

Dalam penelitian ini, forum tersebut bekerjasama dengan perusahaan produsen sepeda motor. Salah satu cara untuk menekan kecelakaan adalah dengan mengurangi kapasitas mesin motor untuk mengurangi kecepatannya.

"Bagaimana membatasi kecepatan sepeda motor, tidak pemerintah sendirian, tapi pabrik juga melakukan," ungkapnya.

Menurut dia, sebaiknya para produsen kendaraan tidak hanya mengejar produksi kendaraan tapi juga memikirkan keamanan kendaraan yang diproduksi.

"Asosiasi Industri sepeda motor dunia selain pasar juga memperhatikan masalah safety," pungkas dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.