Sukses

Mentan Dorong Ekspor Kelapa Sawit ke Turki

perdagangan komoditas pertanian dan Turki pada tahun 2013 mencatat surplus US$ 387,7 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (mentan) akan meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit ke Turki setelah melihat pertumbuhan ekspor ke negara tersebut cukup besar. Sampai saat ini ekspor ke negara tersebut mencapai 450 ribu ton dengan nilai US$  238,15 juta.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, ekspor minyak kelapa sawit ke Turki akan terus ditingkatkan sehingga bisa disejajarkan dengan negara-negara seperti India, China dan Belanda yang merupakan mitra utama Indonesia untuk minyak sawit.

Untuk menggenjot produksi minyak kelapa sawit, ia mengajak para pelaku usaha industri untuk bersama menghadapi berbagai pihak yang menyudutkan kelapa sawit dalam perdagangan internasional.

Investasi di industri kelapa sawit nasional masih terbuka lebar. Luas kebun kelapa sawit di Indonesia mencapai 10 juta hektar dengan volume produksi di tahun 2013 mencapai 28,5 juta ton.

"Volume produksi masih dapat ditingkatkan hingga 40 juta ton. Karena masih terbuka peluang untuk investasi," lanjutnya dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (27/5/2014).

Ia menjelaskan, dari total produksi minyak kelapa sawit Indonesia untuk konsumsi dalam negeri sebesar 9 juta ton. Sedangkan selebihnya diekspor ke berbagai negara.

" Dengan produksi sebesar itu, Indonesia menjadi produsen sekaligus pemasok minyak kelapa sawit terbesar di dunia melampaui Malaysia," tukas dia.

Perdagangan komoditas pertanian dan Turki pada tahun 2013 mencatat surplus US$ 387,7 juta. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini