Sukses

8 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Bill Gates memilih membaca buku sebelum tidur.

Liputan6.com, New York - Apa yang Anda lakukan di malam hari sebelum tidur? Apakah menonton televisi, membaca buku, browsing, atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga?

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menghabiskan waktunya menjelang tidur. Misalnya, Bill Gates selalu membaca buku sebelum pergi tidur.  Tak hanya membaca buku, bersyukur, berkumpul bersama keluarga dan bahkan mematikan ponsel ternyata bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan.

Dilansir dari Lifehack, Rabu (28/5/2014), berikut 8 kebiasaan yang dilakukan orang super sukses di malam hari sebelum mereka tidur:

1. Baca buku

Banyak orang sukses di dunia adalah pembaca yang rakus. Mereka membaca dan belajar dari tulisan sang penulis. Tahukah Anda, membaca dapat menjadi jalan pintas Anda menuju sukses?

Bahkan, banyak orang-orang hebat seperti Bill Gates membaca buku atau artikel sampai mereka merasa lelah dan kemudian pergi ke tempat tidur.

Baru-baru ini, CEO AOL Inc, Tim Armstrong menuturkan, dirinya baru pulang kerja sekitar pukul 8 malam, kemudian dia membaca untuk anak-anaknya.

"Biasanya dua-tiga buku saya bacakan untuk mereka, " katanya.

2. Luangkan waktu berkualitas bersama keluarga

Sebuah kesuksesan tentu tak lepas dari peran orang-orang terdekat Anda. Untuk itu, Anda harus menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman untuk tetap terhubung.

Biasanya sebagian orang sukses memilih untuk bertemu dengan teman-teman mereka setiap hari Rabu malam, dan sisa hari-hari mereka hanya akan menghabiskan waktu dengan anggota keluarga mereka. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda mengalokasikan waktu Anda .

3. Rencanakan besok

Ini adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan sebelum Anda tidur. Perencanaan untuk besok, menuliskan apa yang perlu Anda lakukan dan bersiap-siap untuk hari berikutnya. Misalnya, menyiapkan pakaian dan dokumen yang diperlukan untuk bekerja di esok hari.

Jika melakukan ini, Anda akan bangun dan tahu persis apa yang harus dilakukan pada hari berikutnya. Anda akan menjadi lebih efektif dan lebih produktif karena Anda memiliki persiapan yang cukup matang.

Sebaliknya, jika Anda tidak siap untuk hari berikutnya, bayangkan apa yang terjadi. Anda bangun terlambat, tidak dapat menemukan pakaian Anda dalam lemari, Anda lupa di mana Anda meletakkan dokumen penting untuk meeting di kantor.

 4. Matikan Ponsel

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini setiap orang dapat terhubung satu sama lain. Anda dapat dihubungi kapan saja dan di mana saja jika Anda tidak mematikan ponsel Anda. Ada saatnya Anda perlu lepas dari pekerjaan Anda. Ada juga saat ketika Anda hanya ingin sendirian. Penelitian menunjukkan, saat sedang sendirian, Anda menjadi lebih dekat dengan diri sendiri.

Untuk itu, setelah lepas pulang dari kantor, ada baiknya Anda matikan handphone agar Anda bisa melakukan aktivitas lain di luar pekerjaan.

5. Meditasi

Satu hal besar yang mungkin perlu Anda latih di malam hari. Meditasi sangat baik bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik.  Aktivitas ini bisa membantu Anda mengisi ulang energi dan membuat Anda lebih fokus pada apa yang Anda inginkan. 

Anda merasa sangat santai setelah bercengkrama dengan keramaian di sepanjang hari. Sekarang saatnya bagi Anda untuk tetap rileks baik pikiran dan tubuh Anda. Jadi mulailah berlatih meditasi setiap malam sebelum Anda tidur. Anda dapat memulai dengan hanya lima sampai 10 menit .

6. Tuliskan prestasi untuk hari ini

Apa yang telah Anda capai di siang hari? Beberapa orang akan mengatakan tidak ada karena mereka tidak sadar kalau mereka sangat produktif pada hari itu.

Mulailah merasa bersyukur dengan hal-hal yang mungkin sepele seperti misalnya, Anda bisa makan siang tepat waktu, makan malam bersama keluarga, atau punya waktu luang waktu bersama keluarga. Dengan sering bersyukur, hidup Anda akan menjadi lebih tenang.

Di sisi lain, jika Anda tidak bersyukur atas semua yang Anda miliki, Anda akan merasa stres, tertekan dan tidak bahagia. Anda akan memiliki perasaan tidak pernah cukup, padahal Anda sudah memiliki segalanya.

Untuk itu, tuliskan setidaknya tiga sampai lima hal yang layak Anda syukuri di malam hari sebelum Anda tidur. Tuliskan keberhasilan besar dan kecil yang telah Anda lakukan.

7. Tuntaskan Pekerjaan

Kebanyakan orang sukses tidak pernah menunda pekerjaan. Mereka selalu menyelesaikan pekerjaan atau menepati janjinya tepat waktu. Misalnya, membalas email dari klien meski sudah di luar kantor. Mereka akan membalas email itu dengan menyampaikan Anda akan menindaklanjuti besok hari. Setidaknya ini akan membantu Anda untuk meredakan ketegangan Anda dan membiarkan klien Anda tahu bahwa Anda tidak mengabaikan mereka .

8. Tidur Cukup

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, Anda akan energi saat bangun keesokan harinya. Jika tidak cukup tidur, Anda akan merasa lesu dan lelah. Anda tidak bisa produktif jika Anda lelah. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.