Sukses

Ini Solusi Dirut PLN Biar Listrik Jakarta Tak Sering Padam

Kota besar seperti Jakarta harus didukung dengan sistem dan pasokan listrik yang memadai

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji menyatakan, PLN sudah memiliki cara untuk menjaga pasokan listik Jakarta tetap bisa handal, yaitu dengan membangun jalur disribusi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) mengelilingi Jakarta.

Nur mengatakan, kota besar seperti Jakarta harus didukung dengan sistem dan pasokan listrik yang memadai mengingat kota besar menjadi pusat perekonomian nasional.

"Memang kota besar harus mendapat perlakuan istimewa karena pusat ekonomi kedua karena kepadatan penduduk tinggi. Jakarta itu dua pertiganya Pulau Jawa," kata Nur seperti dikutip, di Jakarta, Kamis (29/5/2014).

Dia mengungkapkan, Jakarta membutuhkan jaringan listrik bisa yang menghubungkan antar satu wilayah dengan yang lainnya.

Dengan demikian pemadaman wilayah Jakarta tidak terjadi, seperti ketika salah satu pembangkit mengalami masalah. "Iya contoh Jakarta kalau gas turbin mati listriknya tidak mati," papar Nur.

Menurut dia, cara agar jaringan listrik wilayah Jakarta terhubung satu sama lain adalah dengan pembangunan jalur distribusi Sutet.

Dengan dikelilingi SUTET, maka sistem kelistrikan Jakarta dapat dipasok dari berbagai arah. Jika salah satu pembangkit yang biasa memasok mengalami kendala maka jaringan listrik Jakarta bisa dipasok dari tempat lain.

"Jadi kalau mati satu seperti Muara Karang, listrik tidak mati namanya kehandalan. Jadi terhubung dengan yang lain," ungkap dia.

Nur mengaku sudah mengajukan ide ini kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. "Saya menghadap Pak Jokowi, saya bilang Pak Jokowi kan punya rencana membangun subway, rumah susun, itukan membutuhkan listrik. Kita punya jalan keluarnya," pungkas dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini