Sukses

5 Karir Bagi yang Suka Bertualang

Ada beberapa orang yang dikenal tak bisa bekerja di belakang meja atau berdiam diri saja di satu tempat.

Liputan6.com, New York - Ada beberapa orang yang dikenal tak bisa bekerja di belakang meja atau berdiam diri saja di satu tempat. Mereka lebih suka bertualang mencari pengalaman baru di tempat-tempat baru yang mungkin kadang tak pernah dijelajahi orang lain.

Tipe orang seperti ini pun membutuhkan pekerjaan yang banyak berkegiatan di luar.  Jika anda menyebut karir sebagai pramugari atau pilot mungkin benar adanya. Tapi tahukah Anda jika masih ada pekerjaan lain yang menawarkan jenis pekerjaan serupa.

Jika Anda berminat, berikut daftar 10 karir terbaik bagi orang yang senang bepergian, melansir laman Howstuffworks.com, Jumat (30/5/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Operator yacht profesional


Bagi yang suka bepergian dengan jalur laut bisa memilih profesi ini. Superyachts seperti rumah-rumah terapung, dikemas dengan berbagai fasilitas mewah yang pasti membuat pekerjaan ini nyaman.

Alih-alih bekerja Anda dapat sambil menikmati keindahan laut maupun satu pulau. Anda bahkan tidak perlu memiliki pengalaman berlayar. Tugasnya mulai dari menjaga dan membersihkan eksterior, memperbaiki mesin dan melayani sang pemilik yacht.

Meski melayani, pada profesi ini, Anda berkesempatan bertemu dengan orang kesohor di dunia bisnis, politik dan hiburan saat mereka sedang berlayar memakai jasa yacht Anda.

3 dari 6 halaman

2. Teknisi perbaikan di lapangan

Banyak pekerjaan lapangan yanng meminta pendidikan tinggi setidaknya gelar sarjana. Tapi jangan takut, jika Anda tidak memiliki jenjang pendidikan tersebut tetapi Anda masih ingin melakukan perjalanan, pertimbangkan untuk bekerja sebagai teknisi perbaikan lapangan.

Teknisi layanan lapangan bertugas seperti dokter, di mana mereka selalui siap dipanggil kemanapun. Anda mungkin saja diminta pergi ke sebuah situs konstruksi untuk memperbaiki crane yang rusak, ke gedung bertingkat untuk memperbaiki lift, atau kereta api jarak jauh.

Anda tidak perlu gelar empat tahun untuk menjadi teknisi layanan lapangan, tapi beberapa pelatihan teknis sangat membantu.

4 dari 6 halaman

3. Guru Bahasa Inggris


Bahasa Inggris salah satu bahasa yang paling banyak dipakai di dunia. Ini membantu menghubungkan beragam budaya dan menjembatani kesenjangan antara negara-negara yang ingin saling berdagang atau berdiplomasi.

Banyak orang di negara-negara non berbahasa Inggris memiliki keinginan untuk belajar bahasa sehingga selalu ada lowongan bagi orang-orang yang dapat mengajar bahasa ini di luar negeri.

Sebagai guru sudah pasti Anda akan dibayar cukup dan hak istimewa. Sebab banyak guru bahasa Inggris yang disediakan dengan akomodasi gratis sementara mereka bekerja di luar negeri. Anda dapat mengajar anak-anak dari TK sampai SMA, atau bekerja dengan orang dewasa.

Namun kebanyakan posisi mengharuskan Anda untuk memiliki setidaknya gelar sarjana, bahkan Anda akan dapat fasilitas lebih jika bergelar master. Asia dan Eropa Timur adalah dua pasar terbesar bagi guru Bahasa Inggris ini.

5 dari 6 halaman

4. Arkeolog

Bayangkan menemukan alat tertua di dunia, atau menggali kerangka nenek moyang kita. Profesi arkeolog dipastikan akan menemukan hal baru yang mungkin berasal dari ratusan bahkan jutaan tahun di masa lalu.

Kini, arkeolog melakukan lebih dari sekedar menggali. Mereka juga harus mengidentifikasi dan menganalisis penemuannya yang kemudian ditampilkan oleh kolektor atau museum.

Bahkan beberapa arkeolog tidak menggali sama sekali. Mereka melakukan penelitian untuk museum atau pemerintah, atau sekedar mengajar di universitas.

6 dari 6 halaman

5. Relawan bantuan internasional

Meski sedikit memiliki resiko, jenis pekerjaan ini bisa menjadi acuan atau pilihan berkarir bagi yang suka bertualang. Orang-orang yang bekerja untuk organisasi bantuan seperti USAID dan Peace Corps membantu negara-negara untuk berjuang atau pulih dari krisis ekonomi, bencana alam, perang, kelaparan dan hal lainnya.

Berprofesi sebagai relawan bantuan internasional, selain menghasilkan uang juga merupakan profesi mulia. Keinginan untuk membantu orang lain adalah nilai lebihnya.

Tapi itu bukan satu-satunya prasyarat. Anda juga perlu memiliki latar belakang di bidang yang relevan, seperti pertanian, teknik, perusahaan swasta, pendidikan atau kesehatan. (Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini