Sukses

Pertamina Bakal Bangun Depot Avtur di Mimika

DPPU tersebut nantinya dapat menampung 1.800 kiloliter avtur.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Region VIII Maluku-Papua menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, untuk mendirikan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang rencananya akan dibangun di atas lahan sekitar 12 ribu meter persegi di kawasan Bandara Mosez Kilangin, Mimika, Papua.

General Manager Marketing Operation Region VIII Maluku-Papua, Muhammad Irfan mengatakan, DPPU tersebut nantinya dapat menampung 1.800 kiloliter avtur.

"Selama ini sejumlah maskapai penerbangan yang singgah di bandara tersebut mendapatkan pasokan avtur dari Avco, salah satu anak perusahaan PT Freeport Indonesia yang mengelola bandara internasional itu," ujarnya, Senin (2/6/2014).

Jika DPPU tersebut nantinya selesai didirikan, maka penerbangan komersil akan mendapat pasokan avtur dari Pertamina, sementara untuk pesawat milik Freeport, tetap mendapatkan pasokan dari Avco.

"Dengan adanya DPPU Mimika, beberapa penerbangan pesawat berbadan kecil yang singgah di kabupaten pegunungan tengah Papua, dipastikan biaya penerbangannya akan lebih murah jika dibandingkan pesawat tersebut harus mendarat di Jayapura. Apalagi ke depan Mimika akan dijadikan pusat transit untuk menuju beberapa kabupaten yang terletak di Pegunungan Tengah Papua," jelasnya.

Sebelumnya,  Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menuding Pertamina tak pernah serius untuk mendirikan depot BBM dan juga DPPU untuk pesawat udara.

Pasalnya, wacana pendirian depot BBM dan DPPU telah ada sejak 10 tahun lalu, saat dirinya menjabat sebagai Bupati Mimika. Namun hingga saat ini pembangunan depo itu tak kunjung terwujud.

"Untuk menunjang pendirian ini, kami telah bertemu langsung dengan sejumlah petingi-petinggi di Jakarta seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Wakil Presiden Boediono," tuturnya. (Katharina Janur/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • DPPU