Sukses

Pengembangan Energi Terbarukan Bisa Membuat Indonesia Mandiri

Saat ini masih banyak pembangkit listrik yang mengandalkan energi fosil.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melihat jika Indonesia bisa mengembangkan energi terbarukan maka kemungkinan besar negara ini tidak akan bergantung lagi kepada negara lain dalam hal energi. Sayangnya, untuk mengembangkan energi terbarukan banyak menghadapi tantangan.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono menyatakan, dengan memanfaatkan energi terbarukan, Indonesia bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan energi. Untuk menuju ke arah tersebut, saat ini pemerintah sudah menunjukkan keseriusannya dengan membuat terobosan pengembangan energi terbarukan.

"Kepedulian terhadap energi terbarukan itu yang mendorong pemerintah mengambil inisiatif dan terobosan, kami menyadari (seperti)  energi surya,hydro, panas bumi," kata Boediono, saat menghadiri Indonesia EBTKE ConEx 2014, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/6/2014).

Menurut Boediono, sumber daya alam berasal dari energi fosil seperti minyak gas dan batubara  ke depannya akan habis. energi terbarukan diharapkan bisa menggantikan peran sumber energi fosil. "Minyak bumi termasuk juga gas dan batubara ada limitnya," tuturnya.

Namun untuk mengembangkan energi terbarukan saat ini tidak mudah. Pasalnya, masih banyak pembangkit listrik yang mengandalkan energi fosil.

"Saat yang sama, listrik mengandalkan enegi fosil yang masih disubsidi pemerintah, penggunaan energi fosil jadi hambatan utama pengembangan energi terbarukan," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.