Sukses

Pekerja Newmont Tuntut Pemerintah Turunkan Bea Keluar

Sekitar 100 pekerja Newmont menggelar aksi solidaritas di depan Kementerian Keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Serikat Pekerja Nasional (SPN) menggelar aksi solidaritas yang berkaitan dengan rencana dirumahkannya para buruh terkait pemberhentian operasi PT Newmont Nusa Tenggara (PT NTT).

Dalam aksi tersebut tak kurang 100 pekerja berbaju biru putih datang ke  depan gedung Kementerian Keuangan, Kamis (5/6/2014).

Para demontran meminta agar pemerintah segera merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (PMK) No 6/PMK.0.11/2014 mengenai bea keluar meningkat menjadi 25% pada 2014 dan meningkat menjadi 60%.

Peraturan ini dikeluarkan agar  PT NNT segera membuat smelter. Hal itu membuat  pihak PT NNT berencana melakukan efisiensi dengan merumahkan sebanyak 80% pekerja mulai 1 Juni 2014 dan selanjutnya pemutusan hubungan kerja.

"Tolong yang ada di gedung mewah ini permintaan kami tolong revisi PMK nomor 6," kata orator dalam aksi tersebut.
Tak hanya itu dalam aksi ini, mereka juga membawa spanduk bertuliskan PT NNTT Ditutup! Pemerintah harus siap memberi makan sembilan ribu pekerja PTNNT dan kontraktornya.

Adapun aksi ini sendiri berlangsung damai. Tak kurang sekitar 80 aparat keamanan dari Kapolsek Sawah Besar dikerahkan. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.