Sukses

Ruas Tol Kertosono-Mojokerto Siap Uji Coba Saat Lebaran

Pemerintah sedang menggenjot penyelesaian jalan tol sepanjang delapan kilo meter sehingga diharapkan Agustus 2014 siap beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memastikan jalan tol Trans Jawa dengan ruas Kertosono-Mojokerto pada seksi satu akan siap diuji coba pada pertengahan 2014.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengatakan, pada saat Idul Fitri nanti, jalan tol tersebut akan mulai diuji coba. Hal ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan yang terjadi saat momen mudik lebaran.

"Jadi pada Lebaran ini kita akan uji coba," ujarnya saat acara konferensi pers Konstruksi Indonesia 2014 di Kantor Kementerian PU, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Dia menyebutkan, pihaknya memang tengah menggenjot penyelesaian jalan tol sepanjang 8 km ini, sehingga diharapkan Agustus 2014 akan siap dioperasikan. "Kira-kira Juli atau Agustus ini lah bisa selesai," katanya.

Seperti diketahui, ruas tol Kertosono-Mojokerto merupakan ruas tol terpanjang di Jawa Timur dengan panjang mencapai 40,5 km. Proyek ini dikerjakan oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur dengan nilai investasi mencapai Rp 3 triliun.

Total panjang ruas jalan tol trans Jawa sekitar 616,1 kilo meter yang membutuhkan lahan sekitar 5.150,53 hektar. Tol yang dimulai dibangun pada 2007 ini terdiri dari sembilan ruas yaitu Cikopo--Palimanan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Mantingan, Mantingan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini