Sukses

Di Pontianak, Harga Bahan Pokok Mulai Merangkak Naik

Harga bawang merah mencapai Rp 45 ribu per kg sedangkan harga bawang putih tercatat Rp 28 ribu per kg.

Liputan6.com, Pontianak - Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Sejumlah kebutuhan pokok di pasar Mawar, Pontianak, Kalimantan Barat, mengalami kenaikan.

Lasmi, penjual sayur mayur di pasar Mawar, melonjaknya harga sayur mayur itu dikarenakan mendekati bulan puasa sehingga permintaan naik dan juga karena kelangkaan barang.

“Cabai rawit harganya Rp 18 ribu per kilogram (kg). Cabai hijau Rp 8 ribu per kg. Tomat Rp 6 ribu per kg. Ayam buras Rp 30 per ekor,” kata Lasmi, saat ditemui di pasar Mawar Kota Pontianak, Sabtu (7/6/2014).

Selain itu juga, kata Lasmi kenaikan harga lainnya juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. ”Untuk bawang merah harganya Rp 40 ribu per kg. Bawang putih Rp 20 ribu per kg. Itu susah dapatnya,” jelasnya.

Sementara di pasar Senggol Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, menjelang bulan puasa harga bawang merah dan bawang putih mulai naik tinggi. ''Bawang merah sekarang harganya Rp 45 ribu per kg. Kalau bawang putih Rp 28 ribu per kg. Lapak yang ada di pasar Senggol ini jual bawang harganya sama,'' ujarnya.

Beberapa hari yang akan datang, menurut dia harga bawang tersebut akan mengalami kenaikan tinggi. Sebab, distribusi dari ibu provinsi ke daerah Timur kalimantan Barat relatif minim saat menjelang puasa.

''Di agen tempat biasa ambilnya sekarang stoknya saja kosong. Paling dua atau tiga agen tempat langanan yang ada. Modalnya tinggi, kalau kami jual harga normal kami tidak ada untungnya,'' keluhnya.

Tidak hanya bawang yang meroket tinggi. Sedangkan harga daging ayam yang sudah bersih berkisar Rp 39 ribu ekor. Sedangkan harga ayam yang masih hidup, timbang bulu, Rp 26.000 ekor.

''Hari biasa kami jual dengan harga yang normal. Menjelang puasa ini kami jual agak tinggi. Setelah lebaran nanti harganya normal kembali. Jelang puasa ini kan, makanan ayam susah juga ditemukan di agen, stok terbatas,'' ujar Kamal, penjual ayam di pasar Senggol tersebut.

Sejumlah penjual ayam potong, kata dia harga perkilo gramnya berbeda-beda. ''Di setiap lapak harga daging yang bersih harganya beda-beda. Ada yang Rp 40 ribu per ekor. Ada juga yang sampai Rp 41 ribu per ekor," tutupnya. (Raden AMP/Gdn).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.